Australia dan Kemendikbud Luncurkan Program 'INOVASI'

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Farizal Tito

Pemerintah Australia bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), meluncurkan "Program Kemitraan dan Hibah" bertajuk lNOVASI

jatimnow.com - Pemerintah Australia bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), meluncurkan "Program Kemitraan dan Hibah" bertajuk lnovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (lNOVASl) di Hotel JW Marriott Surabaya, Rabu (7/11/2018).

Mark Hayward Direktur Program lNOVASl mengatakan, program kemitraan tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran hasil belajar siswa di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia.

Terutama dalam hal pembelajaran literasi dan numerasi di empat provinsi Indonesia (Jawa Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat).

"Sejalan dengan berbagai program rintisan (pilot) yang saat ini dilaksanakan oleh INOVASI, kemitraan baru ini akan menjadi upaya untuk peningkatan mutu di jenjang pendidikan dasar. Kenapa demikian? Karena pada akhirnya, mereka juga akan turut berkontribusi meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) lndonesia di masa depan," tutur Mark Hayward.

Ia menjelaskan teknisnya, kemitraan lNOVASl itu juga menggandeng 17 organisasi non-pemerintah (LSM dan yayasan) dan universitas atau lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) sebagai mitra pelaksana berbagai program rintisan peningkatan mutu.

"Nantinya akan berlangsung selama 9-12 bulan. Bidang-bidang yang menjadi fokus utama kami, misalnya pelatihan guru dalam hal kemampuan literasi dan numerasi dasar, pendidikan inklusif, kepemimpinan yang berpihak pada pembelajaran, pemberdayaan orang tua dan keterlibatan masyarakat, serta perpustakaan yang ramah anak," terangnya.

Sementara itu, Konjen Australia di Surabaya, Chris Barnes turut berbicara akan pentingnya kemitraan ini. “INOVASI akan memperkuat upaya peningkatan mutu pembelajaran di kelas melalui kerjasama dengan berbagai organisasi pendidikan di daerah,” ujarnya.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Moch Abduh menambahkan, nantinya kemitraan baru ini akan membantu menghasilkan bukti-bukti dan pendekatan yang efektif meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD/Ml.

"Nantinya program rintisan yang dilakukan melalui kemitraan ini, juga menjadi upaya kami dalam memperluas jangkauan program dan juga agar semakin banyak bekerja dengan orang tua. masyarakat, dan tenaga kependidikan setempat,” pungkas Moch Abduh.

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter