Soal Anak Lumpuh Usai Imunisasi Rubella, Ini Kata Dinas Kesehatan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Avirista Midaada

Suyanto, ayah dari W saat meminta pertanggungjawaban Dinas Kesehatan Kota Kediri, atas kondisi anaknya, Rabu (24/10/2018) lalu.

jatimnow.com - Kasus kelumpuhan anak berinisial W asal Desa Sumberrejo Kulon, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, usai imunisasi MR rubella di Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kota Kediri, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri angkat bicara.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kediri, Fauzan Adhima membenarkan bila anak berinisial W tersebut ikut imunisasi.

Namun menurutnya, W mengalami sakit pasca imunisasi disebabkan kondisi langka yang disebut Guilllain Barre Syndrome (GBS).

"Memang sakit anak W ini adalah kejadian ikutan pasca imunisasi atau yang biasa disebut KIPI. Namun logikanya itu tidak berhubungan dengan imunisasi," jelasnya melalui sambungan telepon kepada jatimnow.com, Kamis (8/11/2018).

Baca juga:  Anak Lumpuh Usai Suntik Rubella, Orangtua Tuntut Dinkes Tanggungjawab

Ia juga mengatakan GBS ini disebabkan serangan sistem imun atau kekebalan tubuh ke saraf sehingga menyebabkan kelumpuhan.

"Insya Allah bisa pulih sepenuhnya jika ditangani dengan benar, karena biasanya penyandang GBS ini masa kritisnya satu minggu, sedangkan anak ini sudah melewati masa kritis," lanjutnya kembali.

Pihaknya juga tetap berkomitmen akan memberikan bantuan kepada W yang kini tengah dirawat di RSUD Syaiful Anwar (RSSA) Malang.

"Insya Allah akan tetap kita bantu. Karena ini sakitnya pasca KIPI. Kita upayakan sampai gratiskan biaya sampai selesai," terangnya.

Sang anak sendiri kini tengah menjalani perawatan intensif di RSUD Syaiful Anwar Malang, pasca dugaan kelumpuhan setelah imunisasi MR rubella di Ponpes Lirboyo pada Selasa 6 November 2018.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter