Polemik Uang Pembinaan Pesilat, Kadisporabudpar: IPSI Tangggungjawab

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Para pesilat saat mendatangi Kantor Disporaparbud Kabupaten Probolinggo kemarin.

jatimnow.com - Persoalan uang pembinaan atlet berprestasi untuk silat dalam ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kabupaten Probolinggo menuai polemik.

Namun dengan adanya protes dari para pesilat pada Kamis (22/11/2018) kemarin, mendapatkan respon dari Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Sidik Wijanarko.

Ia menyatakan, masalah tidak diberikannya uang pembinaan kepada atlet pesilat dalam ajang Porkab bukan tanpa alasan.

Sebab uang yang seharusnya dikeluarkan dalam ajang tersebut berkaitan dengan pembinaan atlet sudah lebih awal ditarik oleh Cabor Ikatan Pencak Silat Indonesia  (IPSI) Kabupaten Probolinggo, untuk kegiatan internalnya dalam pelaksanaan Festival Pencak Silat Tradisional pada Februari lalu.

"Secara otomatis anggaran untuk pembinaan atlet dalam Porkab tidak bisa mendapatkan uang pembinaan untuk atletnya," katanya, Jum'at (23/11/2018).

Sidik menilai, tidak diberikannya uang pembinaan kepada atlet berprestasi, pihaknya bukan tutup mata. Namun karena anggaran sudah diambil duluan oleh pihak IPSI, itu menjadi persoalan tersendiri.

"Jadi cabor IPSI harus bisa bertanggung jawab kepada atletnya tentang uang pembinaan itu. Atlet harus dapat uang itu," tegasnya.

Sementara itu Ketua Komite Olahraga Naisonal Indonesia (KONI ) Kabupaten Probolinggo, Sugeng Nurfindarko mengaku tidak tahu soal pembinaan atlet berprestasi silat yang belum diterimanya.

"Saya nggak begitu paham mas, biar nanti saya akan koordinasi dengan pihak Disporaparbud dan cabor IPSI," katanya.

Bahkan dia juga menegaskan, kalau masalah atlet berprestasi memang benar-benar harus mendapatkan uang pembinaan.

"Jadi uang pembinaan merupakan bentuk apresiasi kepada para atlet agar dia bisa mengembangkan skill olahraga yang dimilikinya," ujarnya.

Sebelumnya, 21 perwakilan pesilat dari berbagai perguruan meluruk kantor Disporaparbud untuk menanyakan soal uang pembinaan yang tidak diterima oleh para atlet silat dalam ajang Porkab.

"Saya datang ke sini untuk menanyakan uang pembinaan yang tidak diterima atlet berprestasi dalam ajang Porkab," kata Ketua Pengkab Cabor IPSI Kabupaten Probolinggo, Achmad Ansori saat ditemui di Kantor Disporaparbud kemarin.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter