Ini Kronologi Gas Beracun dari Kawah Ijen Terpa 3 Dusun

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

AKBP Taufik Herdiansyah bersama warga yang telah dievakuasi

jatimnow.com - Kawah Gunung Ijen dilaporkan mengeluarkan gas beracun. Warga yang terdampak, sebagian besar yang tinggal di sekitar sungai yang hulunya di Kawah Gunung Ijen.

30 Orang warga Kecamatan Ijen, Bondowoso dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit karena diduga mengalami keracuna pada Rabu (21/3/2018) malam.

 Munculnya bau belerang yang sangat menyengat diketahui saat salah satu warga di Desa Sempol yang beraktifitas di kebun kentang miliknya. Di lokasi kebun kentang terdapat sungai yang hulunya dari Kawah Ijen.

"Kemudian turun ke Kalipahit yang bersebelahan jalan, bau belerang sangat menyengat yang berdampak ke warga," kata Winarto, Kabid Pencegahan, Kesiapan dan Kedaruratan BPBD Bondowoso, Kamis (22/3/2018).

Warga, kata Winarto, lantas berlari ke pos keamanan untuk menyampaikan adanya paparan gas beracun.

"Penyebabnya belum tahu, yang terdampak di sekitar sungai," kata Winarto.

Gas beracun tersebut, menurut BPBD Bondowoso berdampak kepada warga di perkampungan yang tinggal di lereng Gunung Ijen yaitu Dusun Margahayu, Watu Capil dan Curah Macan , Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Bondowoso. 200 orang diungsikan.

Dari 30 orang yang terdampak itu 2 Orang dirujuk di RS Bondowoso dan 24 dirawat di puskesmas Kecamatan Ijen dan sisanya dirawat di Kecamatan Tlogosari.

Reporter: Irul Hamdani
Editor: Budi Sugiharto

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter