Kehabisan Tiket Mudik Kereta Api ? ini Triknya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Stasiun Kereta Api Madiun.

jatimnow.com - Pemesanan tiket kereta api lebaran untuk mudik lebaran sudah dibuka beberapa hari lalu. Bahkan untuk tanggal 17-21 Juni 2018, dari Madiun ke Jakarta rata-rata sudah habis.

Namun jangan putus asa, karena kita masih bisa mudik dengan menggunakan kereta api, asal menerapkan beberapa tips berikut.

Manager Humas DAOP VII PT KAI, Supriyanto, mengaku, untuk dari Bandung ke Jawa Timur, saat arus mudik masih ada eksekutif yang kosong. Pun sebaliknya, dari Madiun ke Bandung, beberapa masih ada kursi kosong.

"Kalau dari Jakarta sudah habis rata-rata. Jangan memaksakan diri jika tidak mendapat tiket pada tanggal favorit. Karena banyak tiket palsu," kata Supriyanto.

Namun, lanjut Supriyanto, hal itu masih bisa diakali. Ini tips bagi para calon pemudik yang belum mendapatkan tiket mudik maupun balik

Pertama, penumpang dari arah Jakarta-Jawa Timur bisa menggunakan tiket terputus atau istilahnya estafet. Semisal pemudik dari jakarta dengan tujuan Madiun, bisa membeli tiket Jakarta-Semarang dulu, setalh sampai semarang, bisa diteruskan dengan kereta lain dengan jurusan tujuan.

Trik estafet ini Terdengar merepotkan memang, terlebih di suasana penuh sesak arus mudik, namun cara estafet ini bisa disiasati dengan memesan tiket terusan. Jadi setelah turun di stasiun pertama, kita tinggal pindah kereta saja, ditambah PT KAI menjanjikan akan membantu para penumpang estafet.  

"Petugas akan membantu saat boarding untuk tiket kelanjutannya," imbuhnya.

Begitu juga saat arus balik, para penumpang yang tidak kebagian tiket lantaran sudah habis terjual, bisa menggunakan metode yang sama.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter