Cegah Demam Berdarah, Fogging Dilakukan di Lapas Tulungagung

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Bramanta Pamungkas

Petugas Dinas Kesehatan melakukan fogging di dalam Lapas Klas IIB Tulungagung

jatimnow.com - Antisipasi mewabahnya penyakit demam berdarah (DB), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung melakukan fogging di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Tulungagung, Rabu (30/1/2019).

Fogging itu dilakukan meskipun belum ada temuan kasus DB di lapas tersebut. Sebab di sekitar lapas sudah ditemukan kasus. Dengan fogging itu, diharapkan penyakit tersebut tidak masuk ke dalam lapas.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Tulungagung, Didik Eka menjelaskan, hingga akhir Januari 2019 ini, jumlah kasus DB mencapai 250 kasus dengan tiga pasien meninggal dunia. Jumlah itu relatif stabil sejak tiga hari terakhir dan tidak menunjukkan kenaikan yang signifikan.

"Secara umum Tulungagung berada di peringkat dua terbesar di Jawa Timur," bebernya, Rabu (30/01/2019).

Menurut Didik, pengasapan ini hanya efektif untuk membunuh nyamuk Aedes Aygepti dewasa saja dan tidak berpengaruh terhadap jentik nyamuk. Untuk itu, fogging harus selalu diimbangi dengan upaya pemberantasan sarang nyamuk dengan mengubur, menutup dan menguras.

"Penanaman tanaman yang aromanya tidak disukai nyamuk sangat disarankan," imbuhnya.

Sementara itu, Kalapas klas 2B Tulungagung, Erry Taruna menambahkan, pihaknya mengajak seluruh penghuni lapas untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Saat ini terdapat 584 tahanan dan narapidana yang menghuni lapas tersebut. Mereka bertangungjawab atas kebersihan sel serta lingkungan di Lapas.

"Kegiatan kerja bakti akan kita tingkatkan lagi agar lingkungan tetap bersih sehingga nyamuk tidak ada," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter