Proyek Trans Icon di Surabaya Diprotes Warga Gayungan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Warga RT 02 Kelurahan Gayungan Surabaya menggelar aksi di depan kantor pemasaran Trans Icon Apartment

jatimnow.com - Sejumlah warga di RT 02, Gayungan, Surabaya menggelar aksi protes atas pembangunan Trans Icon Apartment yang satu lokasi dengan Transmart di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Sabtu (16/3/2019).

Dari banner yang mereka bentangkan saat aksi, warga memprotes dampak proyek pembangunan Trans Icon Apartment yang dibangun di atas lahan bekas perusahaan ritel Carefour.

Banner itu berisi: 'Wahai Trans. Kami berterimakasih kepadamu. Engkau berkenan berinvestasi di wilayah kami. Tapi warga RT. 02 Gayungan akan lebih berterimakasih apabila engkau mengerti dan peduli kepada kami yang kena dampak dari proyek pembangunan ini'.

Ketua Tim Warga RT 02, Kelurahan Gayungan, Didik Wasito Utomo (45) menyebut, warga menggelar aksi karena selama 8 bulan pembangunan yang dilakukan Trans Icon, warga merasakan dampaknya mulai dari debu yang masuk ke warga hingga kebisingan yang disebabkan aktivitas alat-alat pembangunan.

"Aktivitas pekerjaannya 24 jam, sehingga warga merasakan langsung dampaknya," kata Didik kepada jatimnow.com di lokasi.

Atas dampak-dampak itu warga RT 02, Kelurahan Gayungan menuntut Trans Icon memberikan kompensasi.

"Kami segenap warga RT 02 RW 01 Kelurahan Gayungan terdampak langsung pembangunan The Trans Icon. Tidak ada kompensasi kebisingan suara, tidak ada kompensasi efek getaran, tidak ada kompensasi efek debu," terang Didik.

Didik menambahkan, warga juga sudah melayangkan surat ke Trans Icon dan diterima humas. Namun sejauh ini, warga belum mendapat jawaban.

"Terus ndak ada jawaban. Tidak ada tindaklanjut, hanya collect informasi dua bulan lalu, juga tidak ada respon," tambahnya.

Atas itu, Didik bersama sekitar 200 an warga di RT 02 RW 1 Kelurahan Gayungan mengelar aksi di depan Kantor Pemasaran Trans Icon, Jalan Ahmad Yani, Surabaya sekitar pukul 08.30 Wib.

"Kita tadi ditemui HRD Sales, dalam artian kita minta bertemu dengan yang berkompeten di Trans atas permintaan kami. Jadi itu yang kita sampaikan karena beliau yang menemui kami sebatas menemui, ndak bisa memberikan jawaban dan disampaikan dulu ke atasannya," bebernya.

"Intinya masih belum ada respon positif," tandas Didik.

Sementara, jatimnow.com yang mencoba menemui pihak manajemen Trans Icon belum mendapat respon. Salah satu pekerja proyek mengatakan jika menejemen sedang ada keperluan di luar.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter