Satu Siswa Tunanetra di Tulungagung Ikuti Ujian Nasional

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Bramanta Pamungkas

Fajar Calvino Samsul Duha, peserta UNBK Tunanetra saat mengikuti ujian

jatimnow.com - Meskipun mengalami kekurangan fisik, Fajar Calvino Samsu Duha (20) siswa SMA LB PGRI Kedungwaru Tulungagung, tetap semangat mengikuti jalannya Ujian Nasional Berbasis Kertas (UNBK).

Penyandang tunanetra ini dengan tekun membaca soal ujian dengan huruf braille, dan menjawabnya di lembar kertas lain yang sudah disiapkan oleh panitia.

Kepala Sekolah SMA LB PGRI Kedungwaru, Lilik Asmarini mengatakan Fajar merupakan satu satunya peserta UNBK tunanetra di Tulungagung. Seperti pelaksanaan ujian pada umumnya, Fajar juga diawasi oleh dua orang pengawas.

"Standart kelulusannya juga ditentukan oleh pusat sehingga kita mengikuti," ujarnya, Selasa (2/4/2019)

Diakuinya, sekolah juga menggelar sejumlah try out sebagai persiapannya untuk mengikuti UNBK ini. Pendalaman materi mata pelajaran yang akan diujikan juga dilakukan oleh para guru.

Sekolah menginginkan Fajar bisa lulus dan melanjutkan lagi ke jenjang selanjutnya. Bahkan rencananya setelah lulus ujian ini, Fajar akan direkrut untuk mengajar sebagai guru seni di sekolah tersebut.

"Fajar mempunyai kemampuan bermain keyboard yang menarik dan sudah sering mendapatkan job di luar," ujarnya.

Saat ditemui usai mengikuti UNBK, Fajar mengaku sedikit mengalami kesulitan dalam menjawab soal ujian. Mata pelajaran Matematika menjadi momok tersendiri bagi Fajar. Dirinya mengalami kesulitan saat menghitung.

Pemain keyboard yang memiliki cita cita berduet dengan penyanyi Judika ini mengaku ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Rencana mau kuliah dan mengajar di sekolah sebagai guru seni," kata Fajar.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter