Pemilu 2019, KPU Siapkan TPS untuk Pengungsi Syiah Sampang di Sidoarjo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: CF Glorian

Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam

jatimnow.com - Pengungsi Syiah dari Sampang dipastikan bakal melakukan pencoblosan di daerah pengungsian mereka di daerah Sidoarjo.

KPU menyebut, pengungsi Syiah tidak memungkinkan untuk mencoblos di daerah asalnya di Sampang, Madura sehingga pihaknya menyiapkan TPS bagi mereka di Sidoarjo.

"Pengungsi Syiah yang ada di Jemundo, Sidoarjo itu ada 240 orang. Semua kita fasilitasi dengan TPS di Jemundo karena mereka juga tidak memungkinkan memilih di TPS asal (Sampang)," kata Ketua KPU Jawa Timur, Choirul Anam saat berada di Blitar, Selasa (16/4/2019).

Ia menjelaskan selain di Sidoarjo, para pengungsi Syiah Sampang juga masih ada yang menetap di daerah asalnya. Untuk memudahkan mereka mencoblos, beberapa pengungsi yang masih berada di Sampang juga akan ditarik ke Sidoarjo.

"Di TPS asal mereka juga ada dan kita data juga. Tapi untuk memudahkan kita taruh di Jemundo, Sidoarjo," ujar Anam.

Pengungsi Syiah Sampang sebelumnya mengadu ke Bawaslu terkait keresahan mereka di Pemilu 2019 nanti. Dengan didampingi oleh lembaga Kontras, mereka keberatan karena hanya bisa mencoblos surat suara Pilpres dan DPD karena status mereka masuk ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter