Catat! Ini Jadwal Operasi Keselamatan Semeru 2019 di Jatim

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra CF Glorian

Personel gabungan menggelar apel Operasi Keselamatan Semeru 2019 di Mapolda Jatim

jatimnow.com - Operasi Keselamatan Semeru 2019 digelar serentak seluruh Jawa Timur. Operasi yang berlangsung selama 12 hari, mulai dari hari ini, 29 April hingga 29 Mei 2019 tersebut melibatkan 3.147 personel gabungan.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Heri Wahono, operasi ini melibatkan Polri, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub) serta Jasa Raharja. Heri menjelaskan, operasi ini sebagai persiapan menjelang Operasi Ketupat Semeru yang rutin digelar saat setiap ramadan dan lebaran.

"Operasi ini mengedepankan tindakan preemtif, preventif dan represif. Untuk preemtif, kami melakukan sosialisasi pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas kepada masyarakat dengan porsi 60 persen," ungkap Heri di Mapolda Jatim, Senin (29/4/2019).

Untuk tindakan preventif, lanjut Heri, masih dalam tataran pencegahan sebelum terjadinya kecelakaan lalu lintas. Terakhir, dengan upaya represif berupa penindakan bagi pelanggar lalu lintas di jalan.

"Represif atau penegakkan hukum itu sisanya, kurang lebih 20 persen," tambahnya.

Heri mengimbau kepada pengendara untuk tidak menggunakan handphone saat mengendara dan mengemudi karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas akibat kurangnya konsentrasi dalam berkendara.

"Kami tak segan-segan akan menindak tegas. Bahkan bagi pengemudi kendaraan di bawah umur juga kami akan tindak," tegasnya.

Sementara terkait pengendara yang merokok, baru akan diingatkan. Karena regulasi tentang pengendara merokok masih dalam tahap sosialisasi.

Di tempat terpisah, Polres Blitar menerjunkan 175 personel gabungan yang akan ditempatkan pada satu titik tertentu dan metode terbuka atau patroli.

Beberapa lokasi yang akan menjadi titik pantau ialah wilayah dengan simpul kepadatan kendaraan seperti Kesamben dan Kanigoro, termasuk di titik black spot, salah satunya di Tikungan Pojok, Garum.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter