Ibu Mayat Bayi di Kolong Tempat Tidur Dipastikan Alami Gangguan Jiwa

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Niken (jaket biru) usai diperiksa polisi dan dibawa menuju RSJ Lawang

jatimnow.com - Niken Nila Monica (33), ibu dari bayi yang ditemukan tewas di kolong tempat tidur di Blitar dipastikan mengalami gangguan  jiwa. Ini setelah Niken menjalani pemeriksaan di RS Bhayangkara, Kediri.

Atas hasil tersebut, Niken alias Incen dibawa ke RSJ Lawang. Ini dilakukan sebagai upaya untuk rehabilitasi jiwanya.

"Hasil pemeriksaan dokter psikiatri, yang bersangkutan (Niken) menderita gangguan jiwa berat. Sabtu (4/5/2019) kemarin kami kirim ke RSJ Lawang," ujar Kasatreskrim Polres Blitar Kota, AKP Heri Sugiono, Senin (06/05/2019).

Heri menjelaskan, hasil pemeriksaan dokter psikiatri menyebutkan, Niken memiliki gangguan jiwa berat. Sayangnya Heri tak menyebutkan kategori gangguan jiwa yang diderita Niken.

Niken disebut akan berbicara dengan lancar ketika diajak ngobrol tentang keseharian, namun akan berubah ketika ditanya soal kondisi anaknya. Terkadang ia lebih murung, bahkan cenderung sering berubah respon saat dokter mulai masuk membahas anaknya.

Baca juga:

Dari penuturan keluarga, Niken belakangan juga jarang mandi. Selain itu ia sering menebar garam dan sabun detergen di dalam rumah. Jauh sebelum itu, Niken juga dikenal sebagai wanita yang sering keluar malam.

Polisi masih akan tunggu hasil pemeriksaan jiwa lanjutan di RSJ Lawang. Ia belum bisa memastikan apakah kasus ini bisa berlanjut atau terpaksa dihentikan.

"Bahkan dokter sempat bingung dan awalnya diduga punya kepribadian ganda. Namun setelah diobservasi lagi, ternyata gangguan jiwa berat. Kami akan tunggu hasil dari RSJ Lawang, kalau memang gangguan jiwa berat, kami akan stop (kasus dihentikan)," ujar Heri.

Sebelumnya, Satreskrim Polres Blitar Kota melakukan penyelidikan terhadap Niken Nila Monica (33) warga Rembang, Sananwetan, Kota Blitar. Ini setelah polisi menemukan bayi yang diduga kuat anaknya, tewas kolong tempat tidurnya.

Mulut bayi itu ditemukan tersumpal kain. Informasinya, Bayi berjenis kelamin laki-laki itu sengaja dibunuh dengan cara dicekik.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter