Peredaran 1 Kg Sabu yang Diambil dari Hotel di Surabaya Digagalkan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Kasat Resnarkoba Polrestabes Surabaya Kompol Memo Ardian (kiri) menunjukkan tersangka dan barang bukti narkoba

jatimnow.com - Peredaran narkoba jenis sabu seberat 986,63 gram atau hampir satu kilogram di Surabaya, digagalkan. Selain menyita barang bukti narkoba itu, polisi juga menangkap sang kurir bernama Dolog Satriyono (49) warga Kalianak Timur, Surabaya.

Penangkapan itu dilakukan Tim Unit III Satresnarkoba Polrestabes Surabaya sekitar pukul 12.30 WIB, Kamis (25/4/2019) lalu di depan SPBU Karangpilang, Surabaya.

Kasat Resnarkoba Polrestabes Surabaya Kompol Memo Ardian mengatakan, kurir itu disergap timnya setelah mengambil paket sabu di sebuah hotel untuk diantar ke seorang pembeli.

"Sabu itu dikemaas dalam 15 poket," kata Ardian, di Mapolrestabes Surabaya, Senin (13/5/2019).

Ardian menambahkan, dari pengakuan tersangka, sabu itu diambilnya atas suruhan dari seorang bandar berinisial RB yang saat ini sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Sebelum tertangkap, tersangka mengaku mendapat intruksi dari RB melalui pesan singkat di ponselnya. Tersangka diminta mengambil bingkisan sabu di sebuah hotel," bebernya.

Dijelaskan Ardian, RB, si penyuruh, disebut-sebut berhubungan langsung dengan jaringan bandar yang ada di dalam salah satu rumah tahanan (rutan) atau lembaga pemasyarakatan (lapas).

"Masih kami dalami keterkaitan tersangka dengan bandar-bandar di rutan," katanya.

Di depan penyidik, tersangka Dolog mengaku nekat menjadi kurir sabu lantaran kepincut dengan upah Rp 5 juta sekali pengiriman.

"Ya bagaimana lagi Pak, saya tidak bekerja," ucap Dolog.

Dolog juga mengaku sudah mengenal RB sejak lama. Perkenalan itu dimulai saat dirinya membesuk rekannya di Rutan Medaeng.

"Saya kenal di Rutan Medaeng pada saat saya besuk teman saya yang terlibat kasus kriminal," tukasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter