PMI Pasuruan dan Probolinggo Siapkan Stok Darah Jelang Arus Mudik 2019

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mahfud Hidayatullah Moch Rois

Donor darah di Pasuruan

jatimnow.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan mulai menambah stok persedian darah menghadapi momen arus mudik Lebaran 2019.

"Target aman kami ada 1.000 kantong darah selama Bulan Ramadan hingga arus balik. Jadi, perlu ada 300 kantung darah tambahan yang kita butuhkan," jelas Humas PMI Kabupaten Pasuruan, Soni Sumarsono.

Diungkapkan Soni, ketersediaan darah saat ini sebanyak 600 kantung yang terbagi dalam 4 golongan (Gol) darah. 228 kantung untuk darah golongan B, 180 kantung untuk darah golongan A, 173 kantung untuk darah golongan O, dan 19 kantung untuk darah golongan AB.

Untuk memperbanyak stok persediaan darah, PMI Pasuruan menggelar donor darah yang mendapat respon positif dari masyarakat.

"Donor darah selama Bulan Ramadan ini, ternyata mendapat respon antusias dari para pendonor aktif. Kami juga menggelar donor darah di alun-alun Bangil, pada 17 sampai 26 Mei 2019 seusai sholat tarawih," jelasnya.

Hal yang sama dilakukan PMI Kota Probolinggo, mengumpulkan stok darah dengan menggelar donor.

"Untuk stok darah tetap aman meski dalam bulan puasa," kata Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Probolinggo, Cik Kahadi.

Cik mengaku di dalam Bulan Ramadan kebutuhan darah tergolong tinggi. Sehingga pihaknya terus berupaya untuk bisa menyediakan kebutuhan darah dalam puasa ini.

Minimnya stok darah di wilayah Probolinggo, kata Cik, lantaran masyarakat yang mendonorkan darahnya minim.

"Sedangkan kebutuhan stok darah harus terpenuhi," ujarnya.

PMI tidak hanya menyediakan untuk kebutuhan di dalam Kota Probolinggo saja. Namun kantong darah juga dipersiapkan untuk kebutuhan wilayah Kabupaten Probolinggo.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter