Jelang Mudik Lebaran, Jalan Nasional di Jatim Layak Digunakan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Lokasi jalan nasional di Jatim

jatimnow.com - Ruas jalan nasional di Jawa Timur telah disiapkan untuk menyambut arus mudik Lebaran 2019 dan dinyatakan layak untuk dilalui.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, I Ketut Darmawahana mengatakan dari hasil survei yang dilakukan oleh pihak kepolisian bersama dinas terkait menyatakan bahwa jalan nasional di Jatim sudah siap dan layak digunakan untuk arus mudik lebaran.

"Bukan kami yang mengatakan itu. Itu survei bareng antara Polda Jatim dengan Dinas PU menyatakan (jalan) sudah layak," kata I Ketut Darmawahana, Rabu (22/5/2019).

Meski sudah dinyatakan layak untuk digunakan, ia menyebutkan bahwa BBPJN VIII tetap menyiagakan sejumlah armada yang dimiliki untuk mengantisipasi jika ditemukan jalan rusak atau bencana selama arus mudik Lebaran 2019.

"Ya pasti dengan ada itu kita tidak berbangga. Kita tetap menyiapkan armada andai kata ada jalan berlubang, menyiapkan peralatan, menyiapkan bahannya. Kita sudah siapkan di pos pos terdekat," ujarnya.

Ia menambahkan, selain berdasarkan survei jalan dinyatakan layak digunakan juga berdasarkan hasil pantauan jajarannya secara langsung di lapangan dengan menggelar monitor dan evaluasi (monev) jalan selama 30 hari sebelum memasuki masa lebaran.

"Kami juga melakukan monev selama 30 hari sebelum memasuki lebaran untuk melihat jalan nasional sudah layak untuk dilalui selama lebaran nanti," tambahnya.

Penanggulangan jika adanya temuan jalan berlubang ataupun perbaikan segera ditampungkan. Seperti merapikan bahu jalan, mengecat dan mencabut rumput.

"Sebab, perbaikan akan dihentikan ketika memasuki H-10 jelang lebaran nanti. Sehingga pihaknya menjamin, arus mudik tahun ini tidak akan terganggu masalah infrastruktur jalan dan sudah wajib tidak ada pekerjaan dan siap menerima pemudik," tutupnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter