Gagal ke Jakarta dan Video Hoaks Picu Pembakaran Mapolsek Tambelangan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Barang bukti pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Madura

jatimnow.com - Pemicu pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Madura juga terungkap setelah lima tersangka diperiksa intensif oleh polisi. Selain itu, temuan sejumlah barang bukti yang disita dari TKP juga bakal didalami dan dikembangkan.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menjelaskan, pembakaran ini terjadi karna dua motif. Motif yang pertama yaitu karena adanya kekecewaan dari massa yang akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 21 Mei, tapi digagalkan oleh Polri dan TNI.

Motif kedua, adanya kiriman video dari rekan-rekan tersangka dari Jakarta yang menyampaikan permohonan doa karena mengaku tidak bisa keluar akibat terkepung.

"Video dari teman mereka di Jakarta itu diviralkan dan menjadi ramai," jelas Luki di Mapolda Jatim, Senin (27/5/2019).

Luki menambahkan, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim menemukan banyak barang bukti berupa senjata tajam (sajam), baju TNI serta sisa-sisa pecahan bom molotov dari lokasi. Temuan itu juga masih terus didalami oleh Polda Jatim.

"Temuan adanya baju TNI juga masih kami dalami dari mana asal usulnya baju ini. Termasuk peralatan sajam berupa celurit dan sebagainya yang kami temukan di lokasi," lanjutnya.

Selain itu, lanjut Luki, HT yang biasa digunakan oleh Polri menggunakan repeater. Dalam aturan penggunaannya nanti, akan diketahui letak barang yang hilang tersebut.

"Ini akan kami kembangkan lagi, ada barang-barang hilang seperti alat komunikasi. Disitu alat cas terbakar tapi HT (handy talky) tidak ada, laptop juga tidak ada," bebernya.

Diketahui, dari lima tersangka, satu di antaranya merupakan otak intelektual pembakaran. Satu orang itu adalah Habib Abdul Kodir Alhadad (AKA). Dialah yang mengkoordinir massa untuk membakar mapolsek pada Rabu (22/5/2019) malam lalu.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter