Puncak Arus Mudik Lebaran 2019 Penumpang Kapal Diprediksi 2 Juni

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: LKBN Antara

Mudik Lebaran 2019

jatimnow.com - Pelindo III memprediksi puncak arus mudik penumpang kapal di pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya terjadi pada H-3 atau Minggu (2/6/2019). Sedangkan puncak arus balik diprediksi pada H+10 atau Sabtu (15/6/2019).

Vice President Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji Wiranata mengatakan, prediksi itu dilihat dari rencana jadwal kedatangan kapal yang ditentukan oleh operator pelayaran, terutama di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Emas Semarang, Tenau Kupang, Kumai dan Sampit yang ramai pemudik.

"Berdasarkan pantauan kami, arus penumpang pada musim libur Lebaran tahun sebelumnya tercatat 454.059 dan tahun ini diprediksi meningkat menjadi 467.730 orang atau meningkat sekitar tiga persen," kata Wilis, Kamis (30/5/2019).

Untuk proyeksi jumlah penumpang debarkasi (tiba dari kapal) akan mencapai 239.102 orang dan penumpang embarkasi (berangkat) akan mencapai 228.628 orang.

Menurut Wilis, dari sekian banyak pelabuhan di bawah naungan Pelindo III, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diprediksi masih menjadi yang tersibuk pada dengan dilayani oleh 195 unit kapal.

Berikutnya, Pelabuhan Gresik dengan 165 unit kapal, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan 120 unit kapal, Pelabuhan Tenau Kupang dengan 72 unit kapal, Pelabuhan Banjarmasin dengan 53 unit kapal serta Pelabuhan Kotabaru dengan 49 unit kapal.

"Peningkatan jumlah penumpang sejalan dengan peningkatan jumlah kunjungan kapal. Pada musim mudik Lebaran tahun 2018, tercatat ada 781 kapal dan pada momen yang sama pada tahun ini diprediksi ada 805 kapal. Sehingga diprediksi akan ada peningkatan sekitar tiga persen," jelasnya.

Wilis menambahkan, Pelindo III telah menyiapkan fasilitas terminal penumpang demi kelancaran arus mudik. Terkait aspek keselamatan yang dilakukan ia memastikan telah tersedia alat pemadam api ringan (APAR) dan petugas pemadam kebakaran (PMK), tenaga kesehatan, ambulans, P3K serta jalur evakuasi.

"Dari sisi keamanan tersedia CCTV, mesin x-ray, metal detector, pos petugas keamanan, customer service, call center," tambahnya.

Selain itu, lanjut Wilis, untuk aspek kenyamanan terdapat penyiapan ruang-ruang khusus, seperti ruang tunggu, ruang kesehatan, tempat ibadah, toilet bersih, serta ruang menyusui dan perawatan bayi. Juga aspek kesetaraan seperti lift khusus difabel dan fasilitas kursi roda.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter