Pemkab Pacitan Bentuk Tim Khusus Atasi KLB Hepatitis A

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Bupati Pacitan, Indartato

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan membentuk tim khusus untuk menangani kasus hepatitis A yang ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Kami bentuk tim khusus untuk menangani. Ada beberapa OPD (Organisasi perangkat daerah) yang tergabung," kata Bupati Pacitan, Indartato, Minggu (30/6/2019).

Menurutnya, OPD yang tergabung adalah Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perdagangan dan Dinas Pekerjaan Umum.

"Mereka saling terkait. Ke empat OPD itu," kata Indartato saat dikonfirmasi jatimnow.com.

Ia mencontohkan, dinas kesehatan bertugas turun ke bawah. Mengedukasi warga untuk hidup sehat dan berperilaku sehat.

Sementara BPBD dan PU menyuplai air bersih. Karena diduga, awal adanya hepatitis di daerah Kecamatan Sudimoro. Daerah tersebut merupakan daerah rawan kekeringan.

"Kebanyakan memakai sumber air yang sama. Sehingga perlu suplai air bersih. Tentu dipenuhi oleh PU dan BPBD," jelas Indartato.

Sementara, untuk dinas perdagangan bertugas untuk menelitisi sumber makanan di pasar. Harus dijaga kebersihannya.

Indartato menyebutkan, telah mengirim sampel air di kawasan tersebut ke laboratorium.

Bupati Pacitan Indartato menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) atas penyakit Hepatitis A yang menjangkiti 581 warganya. Status KLB itu ditetapkan untuk mempermudah penanganan penyakit tersebut.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter