Pixel Code jatimnow.com

7000 Personel Gabungan Disebar Amankan Pilkades Serentak Tulungagung

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Bramanta Pamungkas
Personel gabungan mulai disebar amankan Pilkades 2019 serentak di Tulungagung
Personel gabungan mulai disebar amankan Pilkades 2019 serentak di Tulungagung

jatimnow.com - Sebanyak 7000 personel gabungan disiapkan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2019 serentak. 7000 personel gabungan itu melibatkan Polri, TNI dan Linmas.

Selain berasal dari Tulungagung, personel gabungan tersebut juga melibatkan personel gabungan dari 23 polres lain seperti Kediri, Jombang, Malang, Ponorogo dan Trenggalek serta Brimob Polda Jatim.

Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar menyebut, setelah dilakukan apel kesiapan, para personel ini akan bergeser ke daerah yang sudah ditetapkan. Setiap desa akan dijaga 6 hingga 15 personel, tergantung tingkat kerawanan desa tersebut.

Banner Morula IVF Landscape

"Kita sudah melakukan pemetaan terhadap wilayah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi, wilayah tersebut jumlah personel pengamanannya ditambah," kata Tofik, Senin (8/7/2019).

Beberapa jenis pelanggaran seperti money politic dan sabotase yang mungkin terjadi selama pelaksanaan pilkades serentak ini juga telah dipetakan. Personel pengamanan diminta untuk melakukan antisipasi secara rutin dengan melakukan patroli di setiap wilayah.

"Selain mengamankan jalannya pilkades, mereka juga akan melakukan patroli," jelasnya.

Pilkades serentak 2019 akan digelar di 239 desa di Tulungagung pada Selasa (9/7/2019). Polisi meminta masyarakat untuk ikut serta menjaga situasi tetap kondusif selama pelaksanaan pilkades. Menurutnya, dalam proses pelaksanaan pemilihan bupati dan Pemilihan Umum 2019 lalu, masyarakat telah mampu meredam segala konflik yang terjadi.

Loading...

"Jangan sampai gara-gara pilkades ini muncul konflik yang meluas. Kita harus menjaga situasi tetap kondusif," pungkasnya.

Loading...