12 SD Negeri di Kota Mojokerto Kekurangan Siswa

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Achmad Supriyadi

Suasana belajar mengajar di SDN Jagalan, Kota Mojokerto, salah satu SDN yang kekurangan siswa

jatimnow.com - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jagalan Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto masih belum memenuhi pagu dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 dengan sistem zonasi sesuai Permendikbud Nomor 51 tahun 2018.

Pagu yang tersedia di SDN Jagalan itu sebanyak 28 siswa. Sedangkan siswa baru tahun ajaran 2019/2020, hanya sebanyak 14.

Kepala Sekolah SDN Jagalan Taryo Abdul Gofar mengatakan, untuk menambah jumlah siswa, dirinya dan para guru sekolah telah berupaya menarik minat orangtua calon siswa dengan melakukan sosialisasi ke Taman Kanak-kanak (TK) yang berada di sekitar sekolahnya.

"Kami sudah berupaya semaksimal mungkin. Saya mengutamakan akhlak, setiap hari di sini pasti ada kegiatan keagamaan," kata Taryo, Selasa (16/7/2019).

Ia menambahkan, kurangnya peminat daftar di SDN Jagalan disebabkan para orangtua lebih memilih sekolah swasta yang lebih favorit. Namun, dirinya tidak takut bersaing dalam hal pembelajaran kepada para siswanya.

"Kami tidak takut bersaing, untuk cara belajar di sini, setengahnya hampir sama seperti sekolah MI (Madrasah Ibtidaiyah). Di sini, kegiatan agama Islam tidak pernah kami lupakan mulai pagi hingga jam pelajaran selesai kami sisipkan," jelas Taryo.

Sejak tiga tahun lalu, kekurangan siswa selalu tidak terpenuhi. Padahal setiap kelas di SDN Jagalan hanya memberlakukan pagu sebanyak 28 siswa. Saat ini, siswa kelas 1 di SDN Jagalan hanya 14 siswa, kelas 2 sebanyak 16 dan kelas 3 hanya 25 siswa. Total keseluruhan siswa SDN Jagalan hanya sebanyak 120 siswa.

"Kemarin saat pendaftaran PPDB, dari pagu 28 hanya mendapat 14 siswa. Jika seandainya nanti masih ada yang daftar, pasti kami melaporkan ke Dinas Pendidikan Kota Mojokerto," tandas Taryo.

Menurut data Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, ada 12 sekolah dasar negeri masih belum memenuhi pagu saat PPDB kemarin. 12 SDN itu adalah SDN Wates II menerima 6 siswa, SDN Miji III menerima 19 siswa, SDN Balongsari V menerima 26 siswa, SDN Jagalan menerima 14 siswa.

Kemudian SDN Prajurit Kulon II menerima 24 siswa, SDN Kranggan II menerima 23 siswa, SDN Balongsari VII menerima 27 siswa, SDN Balongsari X menerima 12 siswa, SDN Pralon I menerima 24 siswa, SDN Mentikan VI menerima 9 siswa, SDN Kauman II menerima 20 siswa serta SDN Kauman I menerima 24 siswa.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter