Reka Ulang Pembunuhan Wanita di Ponorogo, Pelaku Perankan 19 Adegan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Reka ulang oleh tersangka Joko Hermanto

jatimnow.com - Joko Hermanto pembunuh kekasih gelapnya, Hervina Rahma Sari (19) yang mengandung bayi 6 bulan memperlihatkan tidak merasa bersalah saat melakukan reka ulang, Kamis (22/8/2019).

Penonton yang menyaksikan reka ulang ini menyoraki tersangka saat adegan ke 14. Adegan ini saat mencekik korban dan tersangka membenturkan korban di adegan 15.

Baca juga:  

Kasatreskrim Polres Ponorogo, AKP Maryoko mengatakan ada tiga lokasi yang dilakukan reka ulang. Pertama di Apotek Karya Husada Ponorogo tempat membeli sarung tangan. Lokasi kedua di Terminal Seloaji, tempat pertemuan antara tersangka dan korban.

"Terakhir di lokasi ini (Jembatan Galok). Lokasi pembunuhan terhadap korban oleh pelaku," katanya.

Dia menyebutkan, ada 19 adegan reka ulang yang diperagakan. Sebelumnya direncanakan ada 16 adegan, namun ada 3 tambahan adegan reka ulang.

"Tiga tambahannya saat pelaku naik setelah membunuh korban, lalu naik motor dan terakhir meninggalkan lokasi kejadian," jelasnya.

Tambahan tersebut untuk menambah proses perbekasan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dia mengatakan reka ulang merupakan proses penyidikan guna melihat keterangan saksi, alat bukti dan petunjuk ada kesesuaian.

Joko Hermanto (25), melakukan pembunuhan terhadap korban Hervina Rahma Sari dengan keji.

Dalam pengakuan tersangka, ia tega membunuh korban setelah direncanakan sebelumnya karena kalut saat mengetahui Hervina mengandung bayi 6 bulan hasil hubungan gelap dengan dirinya.

Saat korban meminta pertanggungjawaban atas kehamilannya, ia menyanggupi. Korban diajak terlebih dahulu ke Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan dan direncanakan akan dibunuh di sana. Kondisi yang ramai membuat tersangka batal membunuh korban saat itu.

Saat pulang kembali ke Ponorogo, niat untuk membunuh korban muncul lagi dan pelaku kembali mencari lokasi yang sepi. Saat melintasi Jembatan Sungai Galok, tersangka berpura-pura ingin membuang air kecil.

Tersangka mencekik korban dan bergumul kemudian terjun bebas ke jurang bersama. Tersangka yang semakin kalap kemudian membenturkan kepala korban di bebatuan yang ada di jurang dan dilakukan terus sampai kehilangan nyawanya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter