Granat Nanas Ditemukan di Probolinggo Diduga Bekas Perang Dunia II

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Penemuan granat nanas di Probolinggo

jatimnow.com - Sebuah granat nanas yang ditemukan di dalam ranu Kedung Pawon di Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, diduga bekas peninggalan perang dunia kedua.

Dandim 0820, Letkol Inf Imam Wibowo mengatakan setelah dilakukan pengecekan secara bentuk fisik bahan peledak tersebut merupakan granat hasil produksi dari negara-negara Eropa dan banyak ditemukan warga di sejumlah wilayah Indonesia.

Baca juga: Cari Ikan, Sebuah Granat Nanas Ditemukan Warga Probolinggo

"Kemungkinan besar granat nanas ini terjatuh atau lokasi itu merupakan markas tentara dalam perang dunia kedua," jelasnya, Rabu (23/10/2019).

Ia menegaskan jenis granat nanas merupakan peledak pecahan kaca yang dikhususkan untuk membunuh musuh karena memiliki daya ledak tinggi dengan radius maksimum 30 meter.

"Ini biasanya digunakan pasukan dalam sebuah peperangan," jelasnya.

Granat nanas ini sudah diserahkan ke Polsek untuk dikoordinasikan dengan Jihandak Brimob untuk dimusnahkan.

"Jika warga menemukan benda granat atau bahan peledak yang dinilai membahayakan untuk segera berkoordinasi dengan pihak petugas baik TNI atau Polri," jelasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter