Mangkir, Kepsek SMP Diduga Peretas UNBK Terancam Dijemput Paksa

Editor: Arif Ardianto Narendra Bakrie / Reporter:

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan bersama dua tersangka peretas UNBK SMP di Surabaya.

jatimnow.com - Upaya penyidik Unit Tipidek (Tindak Pidana Ekonomi) Satreskrim Polrestabes Surabaya untuk memeriksa KE, Kepala Sekolah SMP peretasan UNBK gagal.

KE dijadwalkan dimintai keterangan hari ini, Rabu (2/5/2018) sebagai saksi, namun hingga saat ini KE tidak nampak hadir memenuhi panggilan polisi.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Sudamiran mengatakan, penyidik bakal mengirimkan surat panggilan berikutnya untuk KE.

"Jika mangkir, kami akan siapkan surat perintah membawa untuk yang bersangkutan (KE)," katanya singkat.

Baca juga: Kasus Peretasan UNBK SMP di Surabaya, Polisi Panggil Kepala Sekolah

Pemeriksaan kepada KE sangat penting pada kasus peretasan UNBK ini, mengingat, KE disebut-sebut terlibat dalam kejatahan sistematis yang sudah menyeret dua tersangka.

Informasinya, dari dua tersangka yaitu IM (38), honorer bidang IT SMP tersebut dan TH (45), staff TU (tata usaha). Keduanya mengaku melakukan peretasan atas perintah KE.

Informasi lain menyebut, kendati status KE dalam kasus ini masih saksi. Tapi, tim dari Unit Tipidek sudah melakukan penyelidikan untuk mengetahui keberadaan KE. Namun, KE tidak ditemukan di sekolahnya maupun di rumahnya.

Baca juga: Begini Cara Dua Tersangka Meretas UNBK SMP di Surabaya

Dari penelusuran jatimnow.com, KE diduga menjadi salah satu pemilik lembaga bimbingan belajar (LBB) yang berada di Jalan Jolotundo, Tambaksari Surabaya. Siswa yang menjadi peserta LBB ini, dikabarkan menerima soal sekaligus jawaban UNBK.

Tidak hanya memanggil KE, hari ini penyidik juga dikabarkan menanggil pengelola atau pengurus LBB. LBB itu diketahui bernama ESC (Excellent Study Club).

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter