Wabah Virus Corona

Warga Desa di Magetan ini Gunakan Meriam Bambu Usir Pendatang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Para pemuda di Desa Ringinagung usir pendatang di pintu masuk desa gunakan meriam bambu

jatimnow.com - Mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), para pemuda di Desa Ringinagung, Kabupaten Magetan mengusir pendatang atau pemudik di pintu masuk desa menggunakan meriam bambu.

Selain memasang meriam bambu, mereka juga memasang pamlet di pintu masuk yang bertuliskan 'Ojo Nekat Mak Mbaleko Dusun Laukdaun (Jangan Nekat Bu Kembali Dusun Lockdown)'.

Ketua RT 04 Desa Ringinagung, Suparno mengatakan kegiatan itu bentuk sosialisasi bahwa lingkungannya tidak menerima tamu dari luar.

"Itu hanya sosialisasi bahwa jalan desa selama lebaran ditutup sementara," kata Suparno, Rabu (27/5/2020).

Ia menjelaskan, sebenarnya penggunaan meriam bambu memiliki tradisi yang cukup unik. Setiap memasuki bulan puasa hingga 7 hari setelah lebaran setiap sore puluhan pemuda akan menyalakan meriam bambu.

"Sudah tradisi setiap bulan puasa menjelang berbuka, remaja di sini menyalakan meriam bambu," ujarnya.

Biasanya, kegiatan perang meriam bambu diadakan saban tahun. Menurutnya kegiatan itu tidak mengganggu warga karena lokasinya yang berada di pinggir persawahan desa.

"Setiap tahun itu ada kegiatan itu, tapi tahun ini karena ada Covid-19 kegiatan tersebut kita tiadakan," kata dia.

"Besok sudah nggak ada, kita sudah buka portal jalan desa," tambahnya.

Salah satu pemuda yang bernama Budi mengatakan pihaknya meminta agar warga dari luar kawasan untuk tidak memasuki desa Ringinagung agar tidak ada penyebaran Virus Corona.

"Warga luar desa agar kembali dan tidak memasuki kawasan ini. Kalau nekat ya terpaksa kami gunakan meriam bambu ini dan langsung diledakkan. Tidak bahaya cuma buat gertakan saja. Para pemudik agar kembali ke tempatnya," kata Budi.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter