Di Balik Datangnya Bantuan Penanganan Covid-19 dari BNPB ke Jatim

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Jajeli Rois Budi Sugiharto

jatimnow.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Gugus Tugas Covid - 19 telah jauh-jauh hari mengajukan bantuan ke pusat.

Salinan surat yang ditandatangani Gubernur Khofifah Indar Parawansa itu ditujukan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat.

Surat tersebut tertanggal 11 Mei 2020,  ssedangkan surat pengajuan bantuan dari Pemkot Surabaya  ke  PemprovJatim beredar secara berantai.

Dalam surat peemintaam bantuan yang belum terkonfirmasi keasliannya itu tertanggal 22 Mei 2020 dan ditanda tangani Wali Kota Tri Rismaharini.

Melalui surat resminya, Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jatim mengajukan permohonan mesin RT-PCR sebanyak 15 unit. (Merk abbothb 580 atau roche cobas Z 480)

Serta permintaan catridge sebanyak 3.500 buah bagi rumah sakit yang memiliki kemampuan melakukan TCM GeneXpert.

isi surat lengkapnya:

Nomor: 00/34/COVID.19/V/2020
Perihal: Permohonan dukungan percepatan penegakan diagnosis Covid-19
Tertanggal 11 Mei 2020

Menindaklanjuti hasil rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Jawa Timur dengan BNPB, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, BBLK, BBTKL, ITD serta 18 rumah sakit dengan kemampuan pemeriksaan laboratorium RT-PCR, maka dengan ini kami sampaikan :

1. Permohonan mesin RT-PCR sebanyak 15 unit (Merk abboth 580 atau roche cobas Z 480).

2. Permintaan cartridge sejumlah 3.500 buah bagi rumah sakit yang memiliki kemampuan melakukan TCM GeneXpert.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19
Gubernur Jawa Timur
Khofifah Indar Parawansa

"Terkait bantuan mobil lap PCR bahwa bantuan BNPB oleh Pak Doni Monardo (Kepala BNPB) ditujukan untuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur mungkin kami akan jelaskan kronologisnya," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Suban Wahyudiono saat jumpa pers bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta tim Gugus Tugas Covid-19 Jatim, di gedung negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Jumat (29/5/2020).

Suban menceritakan kronologisnya. Pada 11 Mei 2020 Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jatim berkirim surat ke Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat, perihal Permohonan dukungan percepatan penegakkan diagnosis Covid-19.

"Di dalam surat kami, permohonan mesin RT-PCR sebanyak 15 unit," katanya.

Juga permintaan cartridge sejumlah 3.500 buah bagi rumah sakit yang memiliki kemampuan melakukan TCM GeneXpert.

"Di samping surat permohonan itu, malam hari Ibu Gubernur langsung telpon Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia Bapak Jenderal Doni Monardo," ujarnya.

"Dan Bapak Pangdam juga berkomunikasi dengan Kepala BNPB untuk segera ada bantua mobil Unit PCR ini. Di samping itu, saya sendiri WA (whatsapp) ke Bapak Doni diarahkan segera komunikasi kepada Pak Dodi Deputi I Kedaruratan BNPB," terangnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter