Viral Misil Disebut Buat Tungku Pabrik Baja Meledak, Polisi: Tak Benar

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

Capture foto misil MK 82 di Facebook

jatimnow.com - Dunia maya dibuat heboh setelah satu akun media sosial (medsos) Facebook memposting foto misil jenis MK 82 dan menyebut menjadi penyebab ledakan yang terjadi di pabrik baja PT Jaya Mustika Indonesia.

Foto bom itu benar ditemukan di pabrik baja itu, tetapi ledakan yang melukai 9 pekerja pabrik dipastikan tidak dipicu dari misil itu.

Baca juga: 

Akun yang memposting foto misil itu diunggah akun Ofix Iflix di satu grup Info Lantas Mojokerto pukul 21.29 Wib, Rabu (10/6). Akun itu memposting 3 foto dalam satu postingan.

Foto pertama terlihat selongsong misil sudah rusak. Foto kedua menunjukkan detail jenis misil bertuliskan Bomb MK 82. Sementara foto ketiga, memperlihatkan ada 5 orang pria berdiri dan 2 pria memeriksa selongsong misil itu.

"Ki Lo Lur PENYEBAB E...seng Getar No Bengi wingi Sak MOKER Klebon jiN Luar (Ini lo saudara penyebabnya... yang membuat getar tadi malam kemarin se Mojokerto kemasukan jin luar)," tulis postingan akun Ofix Iflix, Kamis (11/6/2020).

Postingan itu viral dengan mendapat 313 komentar dan respon sebanyak 2.879 warganet saat dilihat jatimnow.com.

Sejumlah warganet tidak percaya dengan postingan Ofix Iflix yang menyebut jika selongsong misil itu menjadi penyebab ledakan yang terjadi di pabrik baja yang berada di Dusun Dempel, Desa Tumapel, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto pada Selasa (9/6) sekitar pukul 01.00 Wib.

Postingan itu juga menuai pro dan kontra warganet.

"Seng posting kemeroh...gk roh nyotoe seng asli ojo share2 berita seng gk bener lek (Yang posting sok tahu. Tidak tahu kenyataan yang asli jangan share-share berita yang tidak benar paman)," komentar akun Bundae Endeel di postingan Ofix Iflix.

Akun lainnya juga menulis, jika benar misil itu menjadi penyebab ledakan di pabrik itu bisa hancur.

"Cak cak...Coro bom wes lembuut kabeh pabrik (Cak kalau itu benar bom pabrik itu hancur)...Itu real tungku meledak....karena uap panas yang di hasil melebihi kapasitas di dalam ruang tungku," tulis akun Bamss Kalijaga.

"Ancen iku seng mbeldos aku ndelok dewe pas kerjo maeng (Memang itu yang meledak saya melihat sendiri saat bekerja tadi)," tulis akun Gupron Bross.

"Kloo pembakaran dalam tungku baja g boleh ngelebur besi atau pipa yg bentuk tanpa dibelah.. Hasilnya y meledak kloo dibiarkan utuh," tulis akun Clara Endelle Dewa.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Mojokerto AKP Rifaldhy Hangga Putra membenarkan petugas menemukan selongsong misil MK 82 di PT JMI saat olah TKP.

Selongsong itu ditemukan cukup jauh dari tungku peleburan baja yang meledak saat para pekerja memproduksi baja.

"Dipastikan bukan misil itu penyebab ledakan. Selongsong memang terdapat di area pabrik, namun jaraknya jauh dari tungku. Kemungkinan saat dibawa ke pabrik tinggal selongsongnya aja," bebernya.

Mantan Kasatreskrim Polres Bojonegoro ini menambahkan, penyebab ledakan tungku peleburan baja itu masih menunggu hasil penyelidikan dari Tim Labfor Polda Jatim.

"Untuk penyebabnya kami masih menunggu hasil penyelidikan Labfor Polda Jatim," tegasnya.

Terkait viralnya foto selongsong misil MK 82 di pabrik baja PT Jaya Mustika Indonesia itu, alumni AKPOL 2008 ini akan meminta konfirmasi kepada akun yang memposting.

"Penyebarnya akan kami konfirmasi," pungkasnya.

Misil MK 82 merupakan bom buatan Amerika Serikat. Bom ini mempunyai berat mencapai 227 kilogram. Misil jenis ini biasa dipasang pada pesawat bomber tempur.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter