Pasien Positif Covid-19 Ponorogo: Sembuh 31, Dirawat 12, Meninggal 2

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Ilustrasi/Republika

jatimnow.com - Dua warga Kabupaten Ponorogo terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19). Di sisi lain, satu pasien dinyatakan sembuh.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengatakan, untuk pasien nomor urut 44 adalah seorang ibu muda berusia 30 tahun, warga Kelurahan Ronowijayan, Kecamatan Siman.

Pasien nomor 44 ini merupakan anak dari pasien bernomor 41. Setelah ibunya dinyatakan konfirm, pasien nomor 44 itu langsung menjalani tes swab.

"Hari ini hasilnya keluar positif. Sempat demam dan batuk kurang lebih dua minggu yang lalu, namun saat ini sudah tidak ada keluhan," ungkap Bupati Ipong, Kamis (2/7/2020).

Dia menjelaskan, selama ini pasien nomor 44 itu bekerja di Ponorogo. Namun beberapa bulan terakhir dia work from home (WFH). Sedangkan suaminya baru pulang dari Palangkaraya Kalimantan Tengah.

"Tracing dan testing saat ini masih terus dilakukan terhadap kontak erat untuk mencari sumber (apakah kasus ini bagian dari import case atau transmisi lokal) dan juga untuk memutus rantai penularan," terangnya.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang kedua adalah laki-laki berusia 45 tahun asal Desa Gandu, Kecamatan Mlarak. Lebih dari satu minggu yang lalu pasien ini pulang dari Gresik.

"Tiga hari di rumah, pasien merasakan demam dan batuk sehingga berobat ke Puskesmas Mlarak. Setelah dilakukan pemeriksaan rapid test ternyata hasil reaktif dan selanjutnya dirujuk ke RS (rumah sakit)," jelas Bupati Ipong.

Hasil pemeriksaan terhadap pasien ini didapatkan pneumoni dan hasil PCR positif Covid-19. Tracing dan testing juga dilakukan terhadap kontak eratnya untuk memutus rantai penularan.

"Corona ini belum musnah, dia hanya sedang menunggu kita lengah dalam menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Sementara pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh yaitu pasien nomor 36. Dia adalah pasien asal Balong yang menjalani perawatan di Surabaya selama 11 hari.

"Pasien ini memiliki riwayat sakit kanker usus. Atas segala ikhtiar dan tentunya dengan izin Allah, pasien ini sanggup melawan Covid-19 dan hari ini dinyatakan sembuh," pungkasnya.

Dengan tambahan dua pasien itu, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Ponorogo hingga hari ini menjadi 45. Dari jumlah itu, yang masih dirawat 12 orang, sembuh 31 orang dan meninggal 2
orang.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter