75 Persen Santri di Kota Probolinggo yang Keracunan Dinyatakan Sembuh

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Para santri di Ponpes Riyadhus Sholihin, Kota Probolinggo yang keracunan dibawa ke puskesmas dan rumah sakit

jatimnow.com - Ratusan santri putri di Pondok Pesantren (Ponpes) Riyadhus Sholihin, Kelurahan Kademangan, Kota Probolinggo yang diduga keracunan makanan, 75 persen sudah sembuh.

"Sekitar 75 persen santri yang keracunan sudah ditangani dan kondisinya sudah sembuh," kata Plt Direktur RSUD dr Muhamad Saleh Kota Probolinggo, dr Abrar Kuddah, Jumat (21/8/2020).

Abrar menyebut, berdasarkan data yang didapatnya, dari jumlah 150 santri yang diduga keracunan makanan, 75 persen di antaranya sudah sembuh. Sehingga bisa dipastikan saat ini yang menjalani perawatan hanya tinggal puluhan santri.

"Mereka sudah ada yang dijemput keluarganya karena dikondisinya sudah mulai sembuh. Namun untuk puluhan santri lainnya masih menjalani perawatan dengan kondisi yang terus membaik," tambah Abrar.

Baca juga:  Ratusan Santri di Kota Probolinggo Diduga Keracunan Makanan

Abrar menyebut, untuk penyebab para santri keracunan diduga karena makanan yang mereka konsumsi.

"Namun makanan apa yang menyebabkan keracunan para santri ini masih kita tunggu hasil uji laboratorium," tegasnya.

Abrar juga memastikan bahwa semua biaya perawatan para santri ditanggung oleh Ponpes Riyadhus Solihin.

"Biaya perawatan santri yang keracunan, semua ditanggung oleh pondok. InsyaAllah dua sampai tiga hari lagi semua santri sudah bisa sembuh," tambahnya.

Ratusan santri keracunan diduga karena mengonsumsi makanan pada Kamis (20/8/2020) usai Salat Subuh. Di mana pada Rabu (19/8/2020), ponpes tempat mereka belajar menggelar acara menyambut malam 1 Muharram 1442 Hijriyah.

Ratusan santri dilarikan ke puskesmas dan RSUD dr Muhammad Saleh Kota Probolinggo. Beberapa di antaranya dirawat di pondok pesantren mereka.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter