Bareng Habib Hasan, Wantimpres Siap Bantu Penyelesaian Pedagang Pasar Turi

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Farizal Tito

jatimnow.com - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Muhammad Mardiono berjanji akan 'pasang badan' agar keberadaan Pasar Turi Surabaya yang menjadi ikon Kota Pahlawan ini kembali.

Itu diungkapkannya saat diajak oleh tokoh nasional asal Solo yang dikenal cukup dekat dengan Presiden Joko Widodo, yaitu Habib Hasan Mulachela berkunjung dan menyapa para pedagang Pasar Turi Surabaya, Sabtu (6/3).

Wantimpres Muhammad Mardiono yang mengaku 40 tahun lebih menjadi pelaku UMKM ini mengaku prihatin dengan kondisi para pedagang saat ini. Ia pun mengaku memahami persoalan tersebut.

"UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Ini sudah belasan tahun nggak selesai. Saya mengajak semua orang untuk membantu. Sehingga pedagang dan konsumen bisa berkembang dan bertransaksi dengan baik," ujar Muhammad Mardiono.

Menurut dia, Pasar Turi dikenal sebagai ikon pasar dan tempat belanja di Jawa Timur. Terlebih bisa menjadi pusat grosir yang mampu mencakup wilayah Indonesia bagian Timur.

”Saya akan coba menjadi jalan tengah dan mengawal aspirasi serta keluhan kedua belah pihak,” tegas Mardiono.

Mardiono menganalogikan pertarungan membuka dan mengembangkan Pasar Turi Surabaya seperti bermain bola.

"Ini seperti main bola. Di sini nggak boleh ada wasit, hakim garis, suporter ikut main. Jadi semua harus dipersiapkan. Pedagang diselamatkan dulu supaya bisa melayani konsumen dengan baik. Saya sering menjumpai orang Papua, Makassar, Maluku, ke Tanah Abang. Padahal lebih cepat ke Pasar Turi. Harus balik ke zaman dulu, Pasar Turi jadi ikon Jatim," tandas Mardiono.

Sementara itu, Habib Hasan Mulachela mengatakan kunjungan tersebut dilakukan setelah perwakilan pedagang Pasar Turi Surabaya mendatangi kediamannya di Solo, Jawa Tengah pada Rabu (3/3) lalu.

Habib Hasan Mulachela mengatakan kehadirannya dengan mengajak Wantimpres Muhamad Mardiono bisa melihat dan mendengar langsung aspirasi dari para pedagang yang menginginkan Pasar Turi Surabaya bisa dibuka kembali dan tidak digugurkan lagi.

"Dengan kehadiran Pak Mardiono, saya punya harapan besar. Beliau sangat peduli. Beliau sebenarnya nggak bisa hadir, tapi ini disempatkan," kata Hasan.

Habib yang sempat viral melalui aksi sosialnya pada masa pandemi ini menyebut beberapa masalah yang silih berganti menghinggapi para pedagang sejak 13 tahun lalu usai stan pasar ludes terbakar agar tidak berkepanjangan lagi.

"Jangan sampai kondisinya memburuk. Misalnya dulu baik, sekarang stroke karena memikirkan dan harus diperjuangkan lapaknya, ini kan kasihan. Masak harus para pedagang ini selalu berjuang untuk itu," ucap Hasan.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter