Ketahuan Pelihara Satwa Langka, Gatut Diciduk Polisi

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Petugas mengamankan hewan Lutung./Foto: CF Glorian.

jatimnow.com - Gatut Satrio Wicaksono (40), warga Jl. Tanjung No.128, RT 04 RW 07 Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar diciduk polisi.

Ia ditangkap Unit Pidekter Satreskrim Polres Blitar Kota setelah terbukti memelihara lutung Jawa.

Lutung Jawa hitam tersebut merupakan satwa langka yang dilindungi keberadaannya. Kasatreskrim Polres Blitar Kota AKP Heri Sugiono mengatakan, pengungkapan ini berawal dari petugas yang melakukan patroli.

"Kemudian petugas melihat hewan ini ditaruh di pinggir jalan, kemudian petugas kami mendatangi pemiliknya (Gatot)," kata dia, Rabu (13/06/2018).

Setelah dilakukan pengembangan, Gatot juga memiliki tiga buah tanduk rusa yang di pajang di dinding rumahnya. Oleh petugas, pemilik dan barang bukti digelandang ke Mapolres Blitar Kota untuk diperiksa.

Ia menjelaskan, penanganan kasus ini juga melibatkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Sebab lutung Jawa memerlukan penanganan khusus. Dari hasil pemeriksaan sementara Gatot mendapatkan lutung itu dari wilayah Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

"Saudara G ini memelihara satwa langka tersebut sejak masih bayi hingga tumbuh besar," ungkapnya.

Akibat perbuatannya, Gatot dijerat dengan Pasal 40 ayat 2 junto Pasal 21 ayat 2 (a) dan b UURI No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. "Ancaman hukumannya lima tahun penjara," pungkasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter