jatimnow.com

Bayi 3 Bulan di Sidoarjo Derita Penyakit Langka Spina Bifida

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Achmad Supriyadi
Bayi Nayla Nur Azahra pengidap spina bifida. (Foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com) 🔍
Bayi Nayla Nur Azahra pengidap spina bifida. (Foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

Sidoarjo - Bayi berusia tiga bulan Nayla Nur Azahra menderita spina bifida dan hidrosefalus terkulai lemas dan tertidur di kasur lantai.

Anak kedua dari pasangan suami istri Adi Prawidodo dan Evita Miryani warga Desa Gedangrowo, Kecamatan Prambon, Sidoarjo itu kondisi kepalanya beda dengan bayi yang seumuran dengannya.

Tulang belakangnya juga ada benjolan atau spina bifida yang dikarenakan cacat lahir ketika sumsum tulang belakang bayi gagal berkembang dengan baik.

Loading...

Adi mengatakan, putrinya itu dilahirkan secara caesar di RS Kartini, Mojosari, Kabupaten Mojokerto tiga bulan lalu.

"Ya sejak lahir itu sudah ada benjolan kayak daging di belakang punggung. Kata dokter itu karena tulang belakangnya terbuka atau tidak tertutup sempurna," kata Adi saat ditemui jatimnow, Jumat (7/1/2022).

Ia menambahkan, anaknya sudah dua kali menjalani operasi di RSUD dr Soetomo Surabaya. Pertama, mengambil benjolan yang ada dibelakang serta memasang selang dari kepala putrinya untuk membuang cairan dari kepalanya.

"Kedua selangnya buntu dan tempat selang itu dipindah. Selangnya itu dari kepala lalu ke perut. Setiap empat jam sekali cairan dari kepala itu dibuang dari selang biar kepalanya tidak membesar," ungkapnya.

Pria yang bekerja di pabrik kerupuk itu menjelaskan, anaknya itu akan kontrol ke RSUD dr Soetomo Surabaya pada Senin (10/1/2022) mendatang.

"Tadi sudah disambangi oleh Wakil Bupati Sidoarjo Pak Subandi. Senin nanti disiapkan ambulans dari beliau. Harapan saya, anak saya ini bisa segera sembuh seperti anak-anak lainnya," pungkasnya.