jatimnow.com

Polisi Selidiki Aksi Intoleran Pria Buang Sesajen di Semeru

Editor : Arina Pramudita Reporter : Zain Ahmad
Potongan video aksi intoleran di Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. 🔍
Potongan video aksi intoleran di Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang.

Surabaya - Video seorang pria membuang dan tendang sesajen di Semeru menuai banyak kecaman. Kepolisian yang mendapat laporan, langsung bertindak cepat melakukan penyelidikan, dan mencari siapa pria yang ada dalam video viral tersebut.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, kepolisian telah membentuk tim untuk mencari pria yang ada dalam video tersebut. Diduga, pria itu merupakan relawan yang sedang membantu korban erupsi Gunung Semeru.

Baca juga: Aksi Intoleran Pria Buang Sesajen di Semeru, Kades Supiturang: Kami Cari!

"Menurut informasi yang beredar di sana, dugaannya adalah dari salah satu relawan yang ada di situ. Kita masih melakukan pencarian juga monitoring media sosialnya yang naikkan (videonya) itu," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (10/1/2022).

Loading...

Terkait identitas relawan itu apakah asli warga setempat atau pendatang, Gatot belum bisa menyimpulkan. Pihaknya pun memberi imbauan kepada masyarakat maupun relawan agar tetap menjaga kondusifitas di sekitar area bencana termasuk Semeru.

"Karena kan selama ini Lumajang sudah mulai damai, mulai aman, mulai bagus. Jangan sampai dirusak dengan adanya video-video yang mengandung SARA, dan kita harus menghormati kearifan lokal daerah situ," ujarnya.

Diketahui, video pria menendang sesajen itu juga ditanggapi Alissa Wahid, putri sulung Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dalam Twitternya @AlissaWahid.

Dalam cuitannya, Alissa mempersilakan jika ada masyarakat yang yakin dengan sesajen itu tidak boleh. Tapi, memaksakan keyakinan tersebut kepada yang meyakini itu tidak boleh.

"Repot memang ketemu yang model-model begini. Susah banget memahami bahwa dunia bukan milik kelompoknya saja," tulis Alissa dalam Twitternya yang juga menyertakan video pria penendang sesajen tersebut, seperti dilihat jatimnow.com.

Sementara itu, Kepala Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Pasuruan, Nurul Yakin, ketika dikonfirmasi mengatakan latar video tersebut diambil di desanya.

"Iya betul, rekaman itu diambil di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang," jelas Nurul Yakin, Senin (10/1/2021).

Sebelumnya, video seorang pria memakai rompi hitam memaki pemakaian sesajen yang diduga berada di kawasan Semeru. Dalam video tersebut, pria itu terlihat membuang sesajen yang ada di depanya dengan cara menendang.