jatimnow.com

Pasar Bajulmati Banyuwangi Terbakar, Pemadaman Butuh Waktu 5 Jam

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Rony Subhan
Kebakaran di Pasar Bajulmati, Banyuwangi 🔍
Kebakaran di Pasar Bajulmati, Banyuwangi

Banyuwangi - Kebakaran terjadi di Pasar Bajulmati, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (15/1/2022).

Api membakar sebagian lapak pedagang di pasar tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa di pasar yang buka setiap malam hari tersebut.

Kapolsek Wongsorejo, AKP Sudarso menyebut, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Kebakaran terjadi saat Pasar Bajulmati sudah mulai dipadati pedagang dan pembeli.

Loading...

"Api terlihat sekitar pukul 02.00 WIB. Kobaran api terus membesar sehingga membakar sebagian besar los milik Pemdes Bajulmati. Saat itu pengunjung sudah banyak dan pasar sudah beroperasi," ungkap Sudarso.

Diduga kuat, kebakaran diakibatkan konsleting arus listrik. Dari kesaksian salah satu pedagang, Poniran, percikan api terlihat di atas kios bakso milik Suto. Api lalu merembet ke kios sebelahnya hingga membesar.

"Melihat api mulai membesar, pedagang dibantu warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," jelas Sudarso.

Sudarso menyebut, proses pemadaman memakan waktu cukup lama. Sebab sebagian lapak pedagang menjual pakaian. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 07.00 WIB.

"Sudah padam sekitar jam 7 pagi tadi," tegas dia.

Sudarso menambahkan, yang terbakar merupakan los pasar milik Pemdes Bajulmati. Sedangkan los milik warga yang dibangun secara pribadi aman dari lalapan api.

"Jumlah los pasar yang terbakar masih kita data," tambahnya.

Untuk itu, Sudarso masih belum bisa menaksir berapa kerugian akibat kebakaran Pasar Bajulmati tersebut.

"Kalau korban jiwa tidak ada. Untuk kerugian materiil belum bisa kita inventarisir karena pedagang masih sulit ditemui," tandasnya.