Pixel Code jatimnow.com

Madrasah se-Jombang Adu Kreasi Video Profil Sekolah

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Para pemenang lomba adu konten kreasi profil sekolah.(Foto: Elok Aparianto)
Para pemenang lomba adu konten kreasi profil sekolah.(Foto: Elok Aparianto)

Jombang - Menghadapi zaman yang semakin maju, masyarakat diwajibkan mampu untuk berjalan selaras mengikuti perkembangannya. Termasuk perkembangan dunia digital. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan.

Untuk menjawabnya, lembaga pendidikan di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang beradu konten kreasi untuk memperkenalkan sekolahnya melalui video pendek. Adu kreativitas yang digelar Kantor Kemenag Jombang berupa lomba video pendek profil sekolah. Perlombaan diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2022.

Sedikitnya ada 91 peserta dari 10 lembaga di jenjang Roudlotul Athfal (RA), 96 peserta dari 20 lembaga di jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), 37 peserta dari 10 lembaga di jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 21 peserta dari 10 lembaga di jenjang Madrasah Aliyah (MA). Ratusan peserta dari seluruh jenjang pendidikan saling beradu konten kreasi berupa video pendek. Konten yang dibuat seputar profil madrasah masing-masing. Hasil dari konten kreasi kemudian diupload di kanal YouTube untuk dinilai sesuai kriteria panitian dan jumlah like dan komentar dari konten tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Jombang Taufiqurrahman mengatakan, lomba kreasi video pendek profil sekolah digagas untuk mengenalkan madrasah lebih dekat lagi ke masyarakat. Pasalnya, konten kreasi yang dibuat akan langsung diposting ke media sosial. Dengan begitu, profil sekolah yang dikenalkan melalui konten kreasi bisa langsung ditangkap netizen atau kalangan masyarakat.

"Dalam hal itu, kami berinovasi untuk membuat lomba kreasi video pendek profil sekolah ini yang diunggah ke media sosial. Karena orang tua kita, anak didik kita, dan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan dunia medsos," terangnya, Minggu (22/5/2022).

Baca juga:
Imbas PMK, Harga Daging di Pasar Tradisional Jombang Turun karena Sepi Pembeli

Dari lomba kreasi video pendek profil sekolah, ditentukan nama-nama para pemenang. Juara 1 di jenjang RA diraih RA Khodijah, juara 1 jenjang MI diraih MI Al Falah Kuncung Ngoro, juara 1 jenjang MTs diraih MTs Negeri 3 Jombang dan juara 1 jenjang MA diraih MA Negeri 7 Jombang.

Para peraih juara 1 lomba kreasi video pendek profil sekolah menerima hadiah dan trofi yang diserahkan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim Husnul Maram. Husnul juga memberikan hadiah dan trofi kepada para juara 2 dan 3. Kemudian juara harapan 1, 2, 3 dan juara favorit di semua jenjang.

Husnul mengapresiasi inovasi yang dilakukan Kantor Kemenag Jombang. Inovasi tersebut akan ditularkan ke seluruh Kantor Kemenag di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Baca juga:
Ada Pembatasan Usia, Ratusan CJH Asal Jombang Batal Berangkat Tahun Ini

"Inovasi dari Kemenag Jombang ini sangat bagus dan inspiratif. Saya akan instruksikan jajaran Kemenag di seluruh daerah di Jatim untuk membuat lomba seperti ini," pungkasnya.

Loading...

 

Loading...