Pixel Code jatimnow.com

Meminimalisir Macet saat Liburan, Tahun Ini Pemkot Batu Tambah Jalan Tembus Baru

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Proses pembangunan jalan tembus di Kelurahan Sisir - Desa Pandanrejo - Kelurahan Temas. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Proses pembangunan jalan tembus di Kelurahan Sisir - Desa Pandanrejo - Kelurahan Temas. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

Kota Batu - Pemerintah Kota Batu serius bangun jalan tembus di tahun 2022 ini untuk mendukung laju perekonomian masyarakat serta meminimalisir kemacetan saat musim liburan.

Hal itu nampak saat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu menggelar sosialisasi kepada warga Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu di Gedung Rakyat Pandanrejo beberapa waktu lalu untuk menjelaskan program prioritas tahun 2022 tentang pembangunan jalan tembus Kelurahan Sisir - Kelurahan Temas - Desa Pandanrejo.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menguraikan bahwa sosialiasi yang digelar bertujuan untuk menjelaskan kepada warga betapa pentingnya pembangunan jalan tembus untuk mendukung laju perekonomian warga.

"Pada tahun ini ada dua pembangunan jalan tembus yang akan kami kerjakan. Untuk yang kami sosialisasikan hari ini, merupakan pembangunan jalan tembus Sisir - Temas - Pandanrejo. Pembangunan jalan tembus merupakan hal penting karena mendukung laju pertumbuhan ekonomi dan pendukung konektifitas antar wilayah," ujarnya, Kamis (23/6/2022).

Harapannya dengan pembangunan tersebut semua sektor, khususnya pertanian dan sektor pariwisata (desa wisata dan wisata buatan) bisa kembali bergairah. Serta dengan peningkatan jalan dan pembukaan jalan baru bisa terjadi pemerataan pembangunan dan ekonomi bagi warga.

Baca juga:
Mantapkan Diri Jadi Desa Mandiri, Tulungrejo Fokus Bangun Fasum

Lebih lanjut, pembangunan jalan tembus dengan struktur perkerasan beton akan memiliki panjang kurang lebih 600 meter engan lebar 8 meter. Pembangunan menggunakan APBD 2022 menghabiskan anggaran APBD sekitar Rp5 miliar.

"Kelebihan jalan tembus kita ini adalah adanya community based development alias pembangunan berbasis partisipasi masyarakat, dimana warga masyarakat memberikan dukungan dengan menghibahkan sebagian aset tanahnya untuk pelebaran jalan dengan sukarela," katanya.

Baca juga:
Pencuri Motor Terekam CCTV di Kota Batu, Ditangkap di Tempat Judi

Tidak hanya itu, jalan tembus Sisir - Temas - Pandanrejo bisa jadi alternatif untuk mengurai kemacetan di tengah kota. Karena selama ini wisatawan dari arah Utara seperti Surabaya untuk masuk ke pusat kota atau Alun-Alun Batu harus memutar melalui Jalan Brantas dan menyebabkan titik kemacetan.

Loading...

"Diharapkan dari pembangunan ini bisa memberikan pelayanan prima dan layak kepada masyarakat. Sehingga tidak hanya sektor pertanian dan pariwisata bergairah, tapi bisa jadi alternatif untuk mengurai kemacetan di tengah kota," tutupnya.

Loading...