Pixel Code jatimnow.com

Puluhan Gunungan Meriahkan Sedekah Bumi di Setro, Gresik

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Sahlul Fahmi
Sedekah bumi di Desa Setro, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik (Foto-foto: Humas Pemkab Gresik)
Sedekah bumi di Desa Setro, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik (Foto-foto: Humas Pemkab Gresik)

jatimnow.com - Sedekah bumi di Desa Setro, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik berlangsung meriah, Minggu (9/10/2022).

Puluhan gunungan dengan hiasan yang cantik ditampilkan di acara ini. Juga ada pertunjukan, gulat okol yang telah menjadi tradisi dan budaya.

Acara ini dipusatkan balai desa. Warga tampak antusias mengikuti kegiatan sedekah bumi yang sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Acara sedekah bumi diawali pagelaran wayang kulit pada dini hari. Acara kemudian dilanjut dengan kirab warga yang berakhir di balai desa.

Dalam kirab tersebut, warga menggotong gunungan berisi hasil bumi. Ada juga tumpeng, serta berbagai kerajinan berbahan plastik daur ulang. Kesenian gulat tradisional atau yang akrab disebut Okol juga ditampilkan di atas mobil pikap.

Budaya Okol Desa Setro sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang pada Desember 2021 lalu.

Sedekah bumi di Desa Setro, Kecamatan Menganti, Kabupaten GresikSedekah bumi di Desa Setro, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik

Baca juga:
Keseruan Pelajar Sekolah NSA Ikuti Pengenalan Kebudayaan dan Tradisi Thionghoa

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah yang hadir dalam sedekah bumi ini memberikan apresiasinya. Menurut dia, Okol Desa Setro merupakan budaya yang menarik dan banyak manfaatnya.

"Saya berharap budaya Okol Desa Setro ini bisa terus lestari hingga ke masa yang akan datang," ujar Bu Min-sapaan akrab wabup.

Terkait sedekah bumi, Bu Min mengatakan bahwa momen-momen seperti ini seakan mengingatkan kembali akan nilai-nilai gotong royong dan rasa syukur terhadap nikmat yang sudah diberikan Allah.

Baca juga:
Setelah Jaranan Jowo, Seni Tiban Hingga Makanan Khas Kediri Siap Dipatenkan

"Tasyakuran seperti ini selain kita untuk menjalin silaturahmi sesama warga, juga merupakan bentuk rasa syukur karena kita sudah diberikan Allah kesehatan dan tanah yang subur," pungkas Bu Min.

Selepas doa bersama, puluhan gunungan yang sebelumnya diarak tersebut langsung ludes dijadikan rebutan warga. Setelah itu, semua warga tampak duduk bersama dan guyub menikmati makanan yang ada.

Kegiatan berikutnya yang menjadi rangkaian kegiatan sedekah bumi Desa Setro adalah lomba Okol yang di gelar di arena Okol Desa Setro.