Pixel Code jatimnow.com

BSI Komitmen Jaga Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial

Editor : Rochman Arief Reporter : Ni'am Kurniawan
Dirut PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri. (foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Dirut PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri. (foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

jatimnow.com – Perusahaan tambang, PT Bumi Suksesindo (BSI) akan terus menerapkan good mining practices (perusahaan tambang yang baik), dengan pedoman dari pemerintah.

Salah satunya adalah payung hukum yang telah diterbitkan pemerintah. Di dalamnya meliputi keselamatan dan kesehatan kerja, keselamatan operasi pertambangan, serta konservasi sumber daya.

“Kegiatan lingkungan di perusahaan meliputi pengelolaan pencemaran air, udara, dan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3); pemantauan kualitas lingkungan air, udara, dan tanah; merehabilitasi lahan; hingga menjaga keanekaragaman hayati,” kata Direktur Utama PT BSI, Adi Adriansyah Sjoekri dalam keterangan resmi, Senin (31/10/2022).

Hal ini yang bisa membuat perusahaan sanggup mengidentifikasi 325 jenis flora and 190 jenis fauna di hutan Tujuh Bukit. Di dalamnya termasuk Elang Jawa yang sudah sangat langka dan dilindungi.

“Untuk rehabilitasi lahan, kami telah mereklamasi 63,35 hektare area di Tujuh Bukit Operations, sejak 2016 sampai akhir 2021,” lanjutnya.

Baca juga:
Penghargaan Tambang Emas Banyuwangi Diprotes, Ini Respon Pemprov Jatim

Ia menambahkan bahwa kinerja lingkungan entitas tambang ini menerapkan prinsip-prinsip berstandar internasional. Sebut saja penerapan ISO 14001 tentang Environmental Management System (EMS) yang sertifikatnya diperoleh 2015 silam.

Upaya-upaya yang telah dilakukan perusahaan di bidang lingkungan berbuah manis. Perusahaan berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus di ajang Good Mining Practices (GMP) Award 2022, yaitu aspek pengelolaan lingkungan hidup pertambangan, penerapan konservasi mineral dan batubara, dan pengelolaan keselamatan pertambangan.

“Kami bahagia karena komitmen dan kinerja semua komponen perusahaan menunjukkan hasil yang positif,” sambungnya.

Baca juga:
Pemberian Penghargaan Perusahaan Tambang Emas Tumpang Pitu Diprotes

Sementara untuk tanggung jawab sosial, BSI terus memenuhi komitmennya dalam memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan. Dalam hal ini, masyarakat sekitar perusahaan adalah prioritas utama penerima manfaat.

Program tanggung jawab sosial perusahaan terealisasi melalui program-program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Program-program ini bertujuan mengembangkan kehidupan sosial masyarakat serta pemberdayaan ekonomi.