Pixel Code jatimnow.com

Cara Warga Mojokerto Kurangi Ketergantungan Obat Kimia dengan Toga

Editor : Rochman Arief Reporter : Achmad Supriyadi
Warga Perumahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto menanam toga di pekarangan rumah. (Achmad Supriyadi/jatimnow.com)
Warga Perumahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto menanam toga di pekarangan rumah. (Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sejumlah warga Perumahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto memilih menanam tanaman obat keluarga. Langkah ini diambil untuk mengurangi konsumsi obat kimia.

Beberapa toga yang mulai ditanam warga meliputi jahe merah, kunir, kencur, sirih merah, sirih hitam, serai, binahong, sambung nyawa, lidah buaya dan selada air. Selain menanam tanaman obat ada pula sayuran.

Ada beberapa cara yang dilakukan warga untuk menyiasati minimnya lahan tanam. Misalnya dengan memanfaatkan botol bekas sebagai pot. Warga juga menggunakan pot permanen sebagai median tanam.

Alternatif lain adalah dengan mengaitkan ke pagar rumah warga. Untuk urusan rerawatan dikembalikan kepada pemilik rumah masing-masing, mulai dari penyiangan, memotong dedaunan kering, maupun penyiraman hingga pemberian memberikan pupuk.

Sejak awal tahun ini, warga bisa merasakan hasil yang ditanam di depan rumah. Fungsi utamanya adalah untuk pengobatan selain untuk konsumsi lain.

Baca juga:
Resign dari Bank, Wanita Mojokerto Sukses Produksi Minuman Sehat

Salah satu warga, Umi Salfiah mengatakan bahwa berbagai tanaman obat ini memiliki manfaat masing-masing. Sebut saja daun sirih yang bisa digunakan untuk mengobati luka ringan.

“Sebelum mendapat obat, (daun sirih) bisa dimanfaatkan sementara. Binahong juga demikian, bisa untuk mengobati luka. Malah ada yang sakit kanker payudara juga diobati memakai daun sirih hitam,” kata Umi, Kamis (3/11/2022).

Sementara itu, Ketua PKK Kelurahan Surodinawan menjelaskan bahwa penarikan obat untuk anak-anak, terutama sirop juga berdampak dalam hal kesehatan.

Baca juga:
Mengenal Minuman Herbal Sop Sayur Lima Unsur yang Ampuh Sembuhkan Penyakit Kista

Alhasil, warga memanfaatkan tanaman lidah buaya untuk panas dalam dan kunyit untuk menurunkan panas dan temu lawak untuk nafsu makan.

“Apalagi saat Covid-19, banyak warga memanfaatkan jahe dan kunyit untuk diminum, sebagai penambah daya tahan tubuh. Keduanya bisa digunakan untuk mencegah Covid-19,” pungkasnya.