Pixel Code jatimnow.com

Kaji Tanah Gerak di Talun Ponorogo, Tim PVMBG Beri Beberapa Rekomendasi

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
PVMBG melakukan kajian tanah gerak di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo (Foto-foto: BPBD Ponorogo for jatimnow.com)
PVMBG melakukan kajian tanah gerak di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo (Foto-foto: BPBD Ponorogo for jatimnow.com)

jatimnow.com - Tim Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) turun ke lokasi tanah gerak di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Senin (7/11/2022). Beberapa tim melakukan kajian di lokasi.

"Rekomendasi dari kami, mereka yang di Talun terutama di titik tanah gerak segera untuk direlokasi," ujar Penyelidik Bumi PVMBG, Gibar M. Suryadana.

Dia menjelaskan, setelah mengecek dua kali, memang ada potensi longsor. Yang sebelumnya longsoran terjadi di bagian atas, kemudian mengumpul pada lembahan.

"Itu bakal berubah, potensi baru longsor yang lebih berbahaya. Di sepanjang aliran tadi saya lihat juga ada pemukiman. Harus waspada," tegas Gibar.

PVMBG melakukan kajian tanah gerak di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Kabupaten PonorogoPVMBG melakukan kajian tanah gerak di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo

Menurutnya, rekomendasi sementara telah dilakukan waktu sosialisasi. Untuk resminya, nanti PVMBG akan berkirim surat ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Bupati Ponorogo.

"Perlu relokasi di daerah yang terancam. Terutama lembah. Pemicunya adalah curah hujan tinggi semakin cepat atau membesar, tanah gerak kemudian longsor," bebernya.

Sementara Kabid BPBD Ponorogo, Surono mengatakan bahwa langkah selanjutnya adalah melakukan koordinasi dengan PVMBG. Nanti jika kurang, rujukannya adalah relokasi.

"Tunggu koordinasi dengan vulkanologi hasilnya seperti apa. Kalau harus relokasi ya nanti direlokasi," pungkasnya.