Pixel Code jatimnow.com

Wow! Perahu Ijon-Ijon Lamongan Ternyata Representasi Keindahan Tubuh Wanita

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Wujud perahu ijon-ijon Lamongan milik nelayan ketika bersandar di pantai Desa Kandangsemangkon, Paciran. (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)
Wujud perahu ijon-ijon Lamongan milik nelayan ketika bersandar di pantai Desa Kandangsemangkon, Paciran. (Foto: Humas Pemkab Lamongan for jatimnow.com)

jatimnow.com - Perahu ijon-ijon Lamongan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia. Namun, ada fakta menarik lain di balik desain perahu tersebut.

Rupanya, perahu ijon-ijon yang berasal dari Desa Kandangsemangkon, Kecamatan Paciran itu merepresentasikan atau mewakili keindahan tubuh seorang wanita. Benarkah demikian?

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Siti Rubikah, perahu ini oleh masyarakat dikonotasikan sebagai perahu perempuan (wedok), dengan ciri inggi tumpul/papak dan badan gemuk. Selain itu, juga terdapat simbol topeng, mata, alis, ukei/sanggul (gelung), mahkota (rambut), dan bunga.

"Keahlian membuat perahu ini diperoleh secara otodidak dan dilakukan turun-temurun oleh nelayan di Desa Kandangsemangkon," terang Rubika, Senin (12/12/2022).

Baca juga:
Kegigihan Sunarto Perjuangkan Glendo Barong Jadi Warisan Budaya Tak Benda

Dalam tahap produksinya, kata Rubikah, juga berbeda dengan daerah lain, terutama pada cara pengkonstruksian lambung, dan pemasangan gading-gading.

"Meski sudah dikenal secara luas serta banyak diminati konsumen dari berbagai daerah. Tetap eksisnya Perahu ijon-ijon ini ditunjang pula oleh lokasi galangan yang strategis (pinggir pesisir dan jalur jalan raya Daendels), hingga masih dimilikinya SDM pembuat perahu," terang Rubikah.

Baca juga:
Perjuangan Pemkab Daftarkan Reog Ponorogo Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Perahu ini, resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia, dengan pemberian sertifikat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada Sabtu malam (10/12) di The Singhasari Resort Kota Batu kepada Disparbud Lamongan.

Persik Kalah, Pelatih Pasrah
News

Persik Kalah, Pelatih Pasrah

jatimnow.com - Persik Kediri kembali menelan kekalahan di kandang dalam lanjutan Liga 1 2022/2023, Pekan 22, Sabtu (4/2/2023) sore. Tim Macan Putih