Wejangan Mantan Menag KH Tolchah Hasan untuk Penyebar Hoax


Prof DR KH M Tolchah Hasan saat menerima kunjungan Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, dikediamannya di Jalan Candirenggo, Singosari, Malang.

jatimnow.com -  Menteri Agama RI periode 1999-201, Prof DR KH M Tolchah Hasan, memberikan wejangan untuk rakyat Indonesia, terutama bagi penyebar hoax.

Wejangannya itu disampaikan, saat menerima kunjungan silaturrahmi Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, dikediamannya di Jalan Candirenggo, Singosari, Malang, Jumat (9/3/2018).
 
"Negara Indonesia adalah negara bangsa, negara yang multikultural, yang harus dijaga bersama," kata Prof DR KH Tolchah Hasan.
 
Ia menegaskan, Indonesia berbeda dengan negara-negara di Arab. Katanya, negara di kawasan Arab, masyarakatnya relatif homogen, terdiri dari satu agama, satu suku dan satu budaya.
 
"Di negara lain yang ditanamkan hanya cinta agama. Tapi di Indonesia, selain cinta agama, kita juga diajarkan oleh pendahulu-pendahulu bangsa kita, untuk cinta negara," tuturnya.
 
KH Tolchah juga menyinggung pentingnya toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Katanya, 13 persen warga di Indonesia adalah non muslim. Namun, jumlah itu hampir sama dengan penduduk di negara Malaysia atau Brunei Darussalam.
 
"Untuk itu, tidak ada tempat bagi intoleransi, fitnah, ujaran kebencian dan Hoax, yang berpotensi dapat memecah belah bangsa ini," tegasnya.
 
Menteri Agama di era Presiden Gus Dur ini, mendukung langkah Polri yang menindak tegas secara hukum terhadap intoleransi, radikalisme serta para penyebar fitnah dan hoax.
 
Sementara itu, Kapolres Malang Yade Setiawan Ujung berharap, agar situasi keamanan dan ketertiban di Jawa Timur dan Malang, tetap aman dan kondusif.
 
"Mohon doanya, agar keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Malang tetap aman dan kondusif," harap Ujung.
 
Reporter: Jajeli Rois
Editor: Erwin Y


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter