Petugas Sisir Pasar untuk Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Petugas memeriksa gigi hewan kurban

jatimnow.com - Mengantisipasi beredarnya hewan kurban yang berpenyakit, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar pemeriksaan hewan kurban, di Pasar Hewan Beji Tulungagung.

Pemeriksaan ini digelar untuk memastikan semua hewan kurban yang dijual, sudah cukup umur dan dalam kondisi sehat.

Petugas memeriksa satu persatu Kambing dan Sapi di pasar ini. Pemeriksaan meliputi gigi, testis dan mata. Mereka juga memeriksa seluruh bagian tubuh hewan, untuk memastikan tidak ada bagian yang mengalami cacat.

"Pemeriksaan ini dilakukan secara menyeluruh dan dipastikan hewan tidak cacat," ujar Kabid Kesehatan Hewan, Mulyanto, Jum'at (10/8/2018).

Terdapat beberapa persyaratan hewan layak untuk dikurbankan. Diantaranya tidak cacat, sehat dan cukup umur.

Masyarakat bisa mengetahui ciri ciri hewan layak kurban dengan beragam cara. Salah satunya dengan melihat bulu hewan. Jika bulu mengkilat bisa dipastikan hewan dalam kondisi sehat.

Pemeriksaan kesehatan ini akan terus dilakukan oleh petugas, terutama menjelang pelaksanaan hari raya kurban.

Selain di pasar hewan, petugas juga akan melakukan pemeriksaan di sejumlah penjual hewan kurban yang banyak dijumpai di pinggir jalan. " Kita pastikan semua hewan yang dijual sehat dan cukup umur," pungkas Mulyanto.

Reporter: Wanda R Putri
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter