Pixel Codejatimnow.com

Kolaborasi Menjaga Lingkungan Antarkan Surabaya Raih 14 Penghargaan

Editor : Redaksi  Reporter : Advertorial
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono mengangkat piala Adipura Kencana. (foto-foto: Humas Pemkot Surabaya for jatimnow.com)
Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono mengangkat piala Adipura Kencana. (foto-foto: Humas Pemkot Surabaya for jatimnow.com)

jatimnow.com - Kolaborasi yang luar biasa antara Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan semua elemen masyarakat dan semua stakeholder di Kota Surabaya akhirnya berbuah manis. Di mana kolaborasi menjaga lingkungan itu mengantarkan Kota Pahlawan meraih 14 penghargaan dalam bidang lingkungan.

14 penghargaan itu adalah Adipura Kencana kategori Kota Metropolitan yang baru diterima Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Selasa (28/2/2023). Selanjutnya Sekolah Adiwiyata Mandiri lima penghargaan, Sekolah Adiwiyata Nasional lima penghargaan, Proklim Nasional dua penghargaan, dan Nirwasita Tanta tingkat nasional.

14 penghargaan itu akhirnya dikirab dari halaman Gedung Graha Pena Jalan Ahmad Yani hingga halaman Balai Kota Surabaya, pada Rabu (1/3/2023).

Sebanyak 20 mobil Jeep Wills digunakan untuk menyemarakkan prosesi kirab trofi dan piagam dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Animo masyarakat begitu tinggi menyaksikan kirab penghargaan hingga terlihat memadati sepanjang rute.

Tiba di Balai Kota Surabaya, rombongan kirab disambut ribuan petugas kebersihan, baik dari petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) maupun dari Satuan Tugas (Satgas) pematusan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya.

"Matur nuwun kepada seluruh petugas DLH, tim DSDABM yang menjaga Kota Surabaya tetap bersih, dan tidak mengenal kata menyerah. Matur nuwun untuk seluruh RT, RW, LPMK, juga Kader Surabaya Hebat (KSH) yang sudah luar biasa," kata Wali Kota Eri di Balai Kota Surabaya.

Ia juga memastikan bahwa beberapa waktu terakhir ini, Surabaya tidak hanya meraih Adipura Kencana, tapi juga menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional yang diraih oleh anak SD-SMP se-Kota Surabaya.

Tak hanya itu, Pemkot Surabaya juga meraih penghargaan Proklim yang sebelumnya diikuti oleh KSH, RT, RW, LPMK, dan seluruh masyarakat di perkampungan Kota Surabaya. Bahkan, Surabaya juga meraih penghargaan Nirwasita Tantra.

"Penghargaan ini bukan untuk wali kota, tapi untuk seluruh warga Surabaya yang sangat luar biasa mencintai kotanya. Dengan adanya program Surabaya Bergerak, ternyata mampu menjaga kebersihan Surabaya. Kolaborasi dalam menjaga lingkungan ini berhasil mengantarkan Surabaya meraih banyak penghargaan,” tegasnya.

Baca juga:
Melihat Kesiapan Pesta Kebun Pernikahan 330 Calon Pengantin di Surabaya

Oleh karena itu, ia memastikan Adipura Kencana yang sudah diterima Surabaya untuk ke-7 kalinya itu, tidak akan dipajang di Balai Kota Surabaya saja, namun akan digilir tiap pekan di seluruh kecamatan se-Surabaya. Dia ingin semua warga bisa ikut merasa memiliki penghargaan tersebut.

“Ke depan RT, RW, KSH bisa foto bareng dan merasakan prestasi dari hasil gotong royong serta guyub rukunnya warga Kota Surabaya ini. Penghargaan ini juga menjadi kado terindah di dua tahun kepemimpinan kami. Semoga kita bisa terus menjaga guyub rukun dan gotong royong ini,” tergasnya.

Kepala DLH Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengakui bahwa berbagai penghargaan ini diraih dengan penuh perjuangan. Sebab, proses penilaian dari beberapa penghargaan ini berlangsung selama setahun. Salah satunya penghargaan Adipura Kencana yang mana visitasi dan peninjauan oleh tim juri berlansung selama setahun.

"Kalau tidak konsisten, bukan perkara mudah menjaga lingkungan seluruh kota,” katanya.

Ia bersyukur karena saat ini sudah ada sekitar dua ribu petugas yang ada di DLH dan sekitar 1.400 yang ada di Satgas Pematusan yang telah bahu membahu menjaga kebersihan Surabaya. Namun, ia juga menyadari bahwa kebersihan Surabaya tidak akan bisa terwujud tanpa kolaborasi semua elemen masyarakat, mulai dari sekolah, perkantoran dan berbagai pihak yang ikut menjaga lingkungan.

Baca juga:
Info Rek! Berikut Syarat Sayembara Desain Eks THR Surabaya

"Jadi, ini adalah keberhasilan kita bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan diraihnya Adipura Kencana ke-7 serta berbagai penghargaan lainnya merupakan wujud kekuatan gotong royong antara pemkot, DPRD, Forkopimda, stakeholder, KSH, RT, RW, dan seluruh warga di Kota Pahlawan. Bahkan, itu juga dibuktikan dengan adanya kirab Adipura Kencana kali ini.

"Selamat kepada seluruh warga Kota Surabaya, dan Wali Kota Eri Cahyadi yang telah memimpin kota ini dengan baik, terutama pada saat melewati masa krisis pandemi Covid-19 lalu," kata Adi.

Adi mengaku, DPRD Kota Surabaya terus mendukung gotong royong yang selalu diserukan Wali Kota Eri Cahyadi. Bahkan, ia juga mengacungi jempol kinerja Wali Kota Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armuji serta jajarannya dalam dua tahun terakhir ini yang telah mampu memberikan yang terbaik untuk Surabaya.

"Semoga Surabaya terus maju ke depannya,” pungkasnya. (adv)