Pixel Codejatimnow.com

Daftarkan 50 Bacaleg, DPC PKB Gresik Optimistis Raih 18 Kursi Dewan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Sahlul Fahmi
Ketua DPC PKB Gresik Abdul Qodir seusai mendaftarkan Bacaleg (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Ketua DPC PKB Gresik Abdul Qodir seusai mendaftarkan Bacaleg (Foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

jatimnow.com - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gresik optimistis meraih 18 kursi DPRD Gresik pada pemilu legislatif 2024 mendatang.

Untuk membidik target tersebut DPC PKB Gresik telah mendaftarkan 50 orang bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik.

Ketua DPC PKB Gresik Abdul Qodir menegaskan bahwa berkas dari 50 orang Bacaleg PKB Gresik telah memenuhi ketentuan yang berlaku dan telah diterima oleh KPU Kabupaten Gresik.

"Kami menargetkan 18 kursi. Ini sangat realistis. Insya Allah terpenuhi," kata Abdul Qodir, Sabtu (13/5/2023)

Pria yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Gresik itu menambahkan, dari target 18 kursi itu ada sejumlah daerah pemilihan (Dapil) yang ditargetkan masing-masing 3 kursi. Yakni Dapil 1 (Gresik dan Kebomas), Dapil 3 (Kedamean dan Menganti), dan Dapil 4 (Driyorejo dan Wringinanom).

"Insya Allah. Kami optimis. PKB Gresik kembali yang memenangkan pemilu, seperti Pemilu Legislatif sebelumnya" ucapnya.

Baca juga:
Politisi Muda PKB Syahrul Munir Serius Maju Pilkada Gresik 2024

Sementara itu, Ketua KPU Gresik Achmad Roni menyampaikan pendaftaran caleg merupakan tahapan Pemilu 2024. Pendaftaran mengacu Peraturan KPU No. 10 tahun 2023.

Ia menyebutkan, dalam Pasal 31 Peraturan KPU bahwa, partai politik dapat mengajukan bakal caleg setelah data dan dokumen didaftarkan melalui Silon (sistim informasi pencalonan), dan telah disetujui oleh Ketua dan Sekretaris DPP atau sebutan lain.

"Pendaftaran caleg PKB Gresik baik berupa dokumen fisik dan digital telah kami terima lengkap dan kami nyatakan diterima," ujar Achmad Roni.

Baca juga:
Kapolres Gresik Cek Keamanan Kantor dan Gudang KPU

Dari hasil pemeriksaan, lanjutnya dokumen pendaftaran caleg PDIP langkap. Dokumen itu antara lain, setiap dapil caleg terpenuhi 100 persen. Kuota perempuan terpenuhi 30 persen. Penempatan perempuan sudah terpenuhi. Dan, sudah disetujui DPP.

"Kami akan melakukan verifikasi mulai 15 Mei-23 Juni 2023", pungkasnya