Pixel Codejatimnow.com

LKPJ Gubernur Jatim Tahun 2022 Resmi Diterima DPRD

Editor : Aris Setyoadji  Reporter : Ni'am Kurniawan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan LKPJ Gubernur Jatim tahun anggaran 2022 pada dewan. (foto: Humas Pemprov Jatim for jatimnow.com)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan LKPJ Gubernur Jatim tahun anggaran 2022 pada dewan. (foto: Humas Pemprov Jatim for jatimnow.com)

jatimnow.com - DPRD Jatim resmi menerima Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Jawa Timur Akhir Tahun Anggaran 2022, pada sidang paripurna di gedung DPRD Jatim, Surabaya, Rabu (17/5/2023).

Rekomendasi tersebut diterima usai Gubernur Khofifah bersama DPRD Jatim mendengar pendapat akhir dari fraksi-fraksi terhadap LKPJ yang telah disampaikan oleh Khofifah pada 30 Maret 2023 lalu. Seluruh fraksi pun telah menyatakan menerima LKPJ tersebut.

Dalam kurun waktu 16 hari sejak LKPJ disampaikan gubernur, DPRD Jatim telah mulai melakukan pembahasan. Sehingga, dianggap memenuhi kaidah sesuai dengan PP nomor 13 tahun 2019 tentang pelaporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah pasal 20 ayat 1 bahwa pembahasan LKPJ harus dilakukan paling lambat 30 hari setelah disampaikan.

"Rekomendasi ini menjadi catatan strategis bagi kami untuk ditindaklanjuti dalam perbaikan kinerja di masa mendatang. Termasuk untuk memitigasi dan menyiapkan perencanaan pembangunan yang lebih presisi. Tentu ini dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan maupun pelayanan kepada seluruh masyarakat Jawa Timur," ucap Khofifah, Rabu (17/5/2023).

Baca juga:
Destinasi Wisata 10 Kota di Jawa Timur Rekomendasi Khofifah

Menurut Khofifah, diterimanya LKPJ gubernur ini merupakan upaya melakukan percepatan dan peningkatan kualitas pembangunan Jawa Timur ke depan. Beberapa prestasi diprediksi menjadi alasan kenapa LKPJ Gubernur diterima, salah satunya capaian kinerja Pemprov Jatim tahun 2022 ini tercatat 97,70 persen atau meningkat 1,29 persen dari tahun 2021 yang sebesar 96,41 persen.

Ditambah capaian realisasi kinerja Pemprov Jatim selama 2022 ini, juga tercermin pada capaian kinerja 11 Indeks Kinerja Utama (IKU), seluruhnya menunjukkan hasil yang positif.

Baca juga:
Sejak Kapan Tradisi Halal Bihalal Ada di Indonesia? Simak Penuturan Khofifah Ini

"Setiap program akan berorientasi untuk mewujudkan kesejahteraan bagi warga, membuatkan capaian kinerja ke arah yang positif dan ke depan tentu kita kembali bekerja bersama-sama dalam satu niat yang tulus," imbuh dia.