jatimnow.com

Jaksa KPK Tuntut Mantan Bupati Jombang 8 Tahun Penjara

Reporter : Erwin Yohanes
Suasana sidang mantan Bupati Jombang Nyono Suherli 🔍
Suasana sidang mantan Bupati Jombang Nyono Suherli

jatimnow.com - Mantan Bupati Jombang, Nyono Suharli dituntut 8 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya, Selasa (21/8/2018).

Dalam tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Wawan Yunarwanto menyatakan, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan.

Ia juga menyatakan, hal yang memberatkan adalah, sebagai kepala daerah terdakwa tidak mendukung program pemerintah terkait dengan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Hal yang meringankannya adalah, terdakwa belum pernah dihukum dan mengakui perbuatannya. Selain itu, terdakwa juga mengembalikan uang sebagai kerugian negara sebesar Rp 1 miliar.

Loading...

Dalam kasus ini, Nyono dijerat pasal 12 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

" Meminta pada majelis hakim agar menjatuhkan pidana selama 8 tahun penjara pada terdakwa," ujarnya.

Sementara itu, dalam pembacaan tuntutan tersebut, sempat terjadi insiden. Istri mantan Bupati Nyono Suharli, Tjaturiana pingsan setelah mendengar tuntutan yang dituntutkan pada suaminya tersebut.

Namun, insiden tersebut tidak mengganggu jalannya persidangan. Sehingga, hakim pun memutuskan untuk tetap melanjutkan jalannya sidang tersebut.

Mantan Bupati Nyono didakwa soal suap pengangkatan Inna Silestowati sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan yang merangkap sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Jombang. Selain itu, ia juga dijerat korupsi terkait dugaan pemberian uang untuk perizinan rumah sakit.

 

Penulis/Editor: Erwin Yohanes