Pertahankan Budaya, Pemkab Ponorogo Gelar Lomba Nembang Macapat


Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno saat membuka lomba nembang macapat.

jatimnow.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo terus berupaya mempertahankan kebudayaan. Salah satunya dengan menggelar lomba nembang macapat yang dibarengkan dengan agenda Grebeg Suro di Kabupaten Ponorogo.

Lomba yang akan digelar mulai hari ini hingga besok itu bertempat di Aula Ponorogo City Center (PCC). Puluhan siswa dari jenjang pendidikan SD/sederajat hingga SMA/sederajat ikut serta dalam lomba ini.

"Saya ucapkan terimakasih bagi mereka yang ikut lomba nembang macapat ini. Termasuk orang tua yang sudah mengijinkan anak-anaknya dan juga guru yang melatih," kata Wakil Bupati Ponorogo, Soedjarno, Rabu (5/9/2018).

Menurutnya, macapat memang perlu dilestarikan, karena perkembangan budaya macapat yang kian hari kian merosot.

"Ya kalau saya menilainya memang merosot daripada budaya yang lain. Untuk itu, Pemkab Ponorogo menggelar lomba macapat," tambah orang nomor 2 di Ponorogo ini.

Ia mengaku, jika membiarkan macapat punah begitu saja akan sia-sia, sehingga harus ada regenerasi, mulai dari SD hingga SMA.

Pada kesempatan itu, Soedjarno mengaku hadiah dalam lomba macapat kali ini ditambah. Harapannya, para peserta itu bisa semakin semangat dalam berkompetisi.

"Hadiahnya kami besarkan, supaya tambah semangat. Bagi peserta, bagi guru, termasuk bapak dan ibu agar mengijinkan anaknya," ujarnya.

Ia menambahkan, macapat itu harus dilestarikan, makanya Pemkab Ponorogo memasukkan macapat itu sebagai salah satu kurikulum lokal.

"Agar sesuai dengan visi kami menuju Ponorogo yang berbudaya dan religious. Jika bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan budaya macapat ini," pungkasnya. (ADV/Arif Ardianto)

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter