Pixel Code jatimnow.com

Kadispendik Jatim Sewa Operator Medsos, Pakde Karwo Juga Pernah?

Editor : Arif Ardianto Reporter : Farizal Tito
Halaman muka facebook milik Kadis Pendidikan Jatim Saiful Raachman
Halaman muka facebook milik Kadis Pendidikan Jatim Saiful Raachman

jatimnow.com - Ternyata akun jejaring sosial Facebook milik Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman dikelola oleh pihak kedua.

Artinya, Saiful Rachman secara khusus menyewa orang sebagai operator untuk mengelola akun media sosial tersebut. Sebut saja Is. Seorang wartawan senior mengakui jika pendapat 'order' dari Saiful Rachman.

"Iya, sejak tiga tahun lalu," kata wartawan senior yang minta disebut Is ini saat dikonfirmasi jatimnow.com Minggu (30/9/2018).

Patut Dibaca: 

Tujuan pembuatan akun facebook milik Kadispendik Jatim itu, dijelaskan Is hanya semata-mata untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat.

"Beliau berkeinginan agar kegiatannya beserta programnya bisa terekspos kepada masyarakat. Gitu saja, tidak ada tujuan lainnya," jelas Is yang pernah jadi kontributor media televisi berita ini.

Menurut keterangan wartawan asal Lamongan yang menolak disebut nama aslinya itu, rencana awal Saiful Rachman membuat facebook yang dipercayakan kepadanya hanya untuk mengikuti era digitalisasi.

"Itu sifatnya hanya untuk sebagai jembatan komunikasi antara Pak Saiful dengan masyarakat terutama guru-guru. Karena selama ini kegiatannya diketahui, kemudian ada masalah bisa mengadukan langsung tanpa ke kantor. Juga ntuk memotong jarak birokrasi karena eranya sekarang itu tidak ada jarak," terangnya.

Akun Facebook Saiful Rachman 

Baca juga:
Cegah Pencabulan dan Kekerasan, Polres Jombang Bentuk Satgas PPA

Tak hanya Kadispendik Jatim yang menjadi kliennya, kabarnya medsos Twitter Gubernur Jatim Soekarwo atau Pakde Karwo pernah dikelola.  Namun dia mengaku lupa tahun pengerjakan akun Pakde Karwo itu.

"O Mbiyen, tahun piro ya? Lali aku, sekarang nggak..nggak," jawabnya.

Bagi dia, dirinya dan Saiful Rachman saling mengetahui dan menjaga password Facebook.

"Nggak mungkin aku bikin sendiri, etika admin harus begitu. Kalau Pak Saiful bilang nggak boleh ya nggak. Sepengetahuan dia semua," jelasnya.

Ditanya terkait isi materi yang diunggah berujung kontroversial tentang kejadian di SMKN 1 Surabaya karena menyangkal adanya siswa yang dijambak kepala sekolah pada Rabu (26/9/2018) lalu di facebook juga atas sepengetahuan dari Saiful Rachman.

Baca juga:
Perhutani KPH Madura Sebut Pelaku KDRT di Sumenep Bukan Karyawannya

"Kita sama-sama memiliki password akun Facebooknya. Kalau status itu, memang dianya yang menjelaskan kepada kita kemudian kita rangkai. Tidak mungkin dia menggunakan video," paparnya.

Dirgahayu Ri 77 Bank Jatim

Berapa honor yang diterima dan sistem kontrak kerjanya?

Is menyangkal tidak ada kontrak khusus dirinya dengan Saiful Rachman. Soal besaran honor dia menolak menyebut.

"Ini internalku," jawabnya.