Misterius! Ombak di Kolam Renang dan Makam Mbok Rondo Berhubungan?

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Arry Saputra

Petilasan Nyi Dewi Rondo Kuning/Foto: Arry Saputra/jatimnow.com

jatimnow.com - Ombak di Kolam Renang Tirta Krida AL, Juanda, Sidoarjo dipastikan bukan buatan. Tapi penyebabnya tidak ada yang mengetahui. Misterius!

Rumor yang beredar, kemunculan ombak yang dikaitkan dengan bakal terjadinya bencana alam gempa maupun tsunami itu berhubungan dengan mistis kawasan setempat.

Kejadian yang susah dinalar dengan akal sehat itu ada hubungaannya dengan Padepokan Nyi Dewi Rondo Kuning  atau dikenal Makam Mbok Rondo yang lokasinya tak jauh dari kolam renang.

Baca Juga:

Namun fenomena alam yang terjadi sejak lama itu tidak tidak ada sangkut pautnya dengan petilasan tersebut.

"Menurut saya nggak ada hubungannya sama hal-hal mistis kayak gitu. Lagian Makam Mbok Rondo itu jauh dari sini, jaraknya sekitar 800 meter-1 Kilometer, kalau ndak salah," terang sebut saja Haryo di kolam renang.

Ia menceritakan bahwa memang fenomena alam yang terjadi adalah bukan isapan jempol. Dirinya mengaku pernah melihat kemunculan ombak sebanyak tiga kali.

"Saya di sini sejak tahun 2000an, kalau ndak salah, saya dulu juga ngelihat ombak besar kayak gitu. Yang paling parah itu waktu di Aceh itu sampai ombaknya sangat tinggi," ujarnya.

Zainudin Ichsan (43) adalah penjaga Kolam Renang Tirta Krida mengamini jika ombak di kolam, bukan yang kali pertama. Ia menambahkan setiap muncul ombak diikuti terjadi bencana.

"Begitulah adanya fenomena yang saya alami. Selama saya di sini, yang saya tahu selama ada gempa atau tsunami, pasti ada gelombang kalau di bawah 6 (6SR) hanya ombak, di atas 1 keramik atau kalau sampai keras baik ke atas pasti ada tsunami," lanjutnya.

Pria yang sudah bertugas 20 tahun itu mengakui bahwa video terakhir diambil oleh pengunjung pada Jumat (28/9/2018), sekitar pukul 17.10 WIB. Pada bersamaan terjadi gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Danlanudal Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana memastikan ombak di kolam renang yang videonya beredar adalah bukan buatan.

"Kejadian ini tidak ada rekayasa, bahwa gelombang atau ombak yang tercipta di kolam renang itu bukan rekayasa dari alat apapun. Dan kolam renang ini pun tidak memiliki alat pembuat gelombang atau arus, tidak ada," tegas dia.

"Ini murni fenomena alam yang tentunya menurut saya ini kehendak Allah SWT, kita tidak tahu tapi nyata adanya seperti itu," tambahnya.

 

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter