Tanggul Lumpur Sidoarjo Ambles Sepanjang 100 Meter

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Penurunan tanggul lumpur di titik 67 di Desa Gempolsari, Tanggulangin, Sidoarjo.

jatimnow.com - Tanggul penahan Lumpur yang berada di titik 67 di Desa Gempolsari, Tanggulangin, Sidoarjo mengalami sledding atau penurunan (ambles) dengan panjang sekitar 100 meter serta kedalaman 3 hingga 4 meter. Hal tersebut terjadi lantaran tingginya debit air.

Lurah Desa Gempolsari Syahrani Alim mengatakan, bahwa banyak warga yang panik ketika terjadi runtuhnya tanggul. Namun warga belum ada yang mengungsi hanya saja membereskan barang-barang yang ada di dalam rumah untuk antisipasi.

"Kemarin banyak warga yang sempat panik mas, tapi nggak sampai mengungsi, hanya menyiapkan barang-barang untuk dikeluarkan sebagai antisipasi kalau terjadinya air meluber ke pemukiman warga," ucap Syahrani kepada jatimnow.com, Sabtu (6/10/2018).



Sementara itu Humas Pelaksana Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (PPLS) Hengky Listria Adi mengatakan, penurunan tanggul diakibatkan karena debit air yang terlalu tinggi, 11 meter dari permukaan tanah.

"Seharusnya debit air setinggi 8-9 meter saja. Akhirnya ini kolaps ada crack tanah mengalami penurunan. dari situ tanah kayak bubur karena kena air sedikit-sedikit mulai runtuh," terang Hengky

Hengky mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya penutupan menggunakan karung berisi tanah disisi luar tanggul untuk mencegah limpasan mengenai pemukiman warga. Upaya lainnya melakukan pengalihan aliran ke sisi utara ke kolam penampungan Gempolsari.

"Mulai kemarin sore kami melakukan upaya penutupan menggunakan karung isi tanah di sisi luar tanggul. Jangan sampai kalau ada limpasan mengenai pemukiman. Pengalihan saluran air kebanyakan ke sisi utara ke ke Kedung Bendo Gempolsari langsung mengalirkan lumpur ke sungai Porong," katanya.








Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter