Catat! Terbangkan Drone di Atas Rutan ini Akan Ditembak

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Bramanta Pamungkas

ilustrasi/Fofo: Techno.id

jatimnow.com - Drone atau pesawat tanpa awak dilarang diterbangkan di atas rumah tahanan atau Rutan Klas IIb, Trenggalek. Bila nekat, drone akan ditembak.

Drone yang biasa dimanfaatkan untuk pemotretan itu dikhawatirkan sebagai sarana penyelundupan narkoba ke dalam rutan.

Kepala Rutan Klas IIb Trenggalek, Dadang Sudrajat menuturkan, upaya penyelundupan benda terlarang ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan drone seperti yang pernah terjadi di wilayah lain.

Baca Juga:

Rutan Trenggalek Waspadai Penyelundupan Narkoba Melalui Drone

"Kecanggihan teknologi saat ini rawan sekali disalahgunakan, kita harus mewaspadai hal tersebut," ujarnya, Sabtu (17/11/2018).

Tidak tangung-tanggung, Dadang bahkan mengizinkan jika drone yang terbang ilegal di atas wilayah rutan, ditembak agar jatuh. Atau jika tidak drone bisa diikuti dan dilacak sampai lokasi turunnya, sehingga petugas bisa menangkap operator atau pilotnya.

"Kami berhak melakukan hal tersebut itu (menembak) jika dinilai berbahaya, sebab penerbangannya di area rutan rawan untuk kejahatan termasuk penyelundupan narkoba," jelasnya.

Lebih lanjut Dadang menegaskan jika rutan maupun lembaga pemasyarakatan merupakan area khusus yang tidak bisa sembarangan diakses oleh orang luar. Untuk memasuki area tersebut, mereka harus mendapatkan pengawasan ekstra sesuai dengan prosedur, termasuk penggeledahan badan dan barang bawaan.

"Untuk itu kami perlu berikan peringatan ini agar tidak ada lagi yang mencoba menerbangkan drone di area ini," katanya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter